Bagikan:

JAKARTA - Juventus gagal menang setelah kebobolan di menit terakhir dan hanya mampu bermain imbang 1-1 melawan Cagliari di pertandingan Serie A Italia di Stadion Allianz, Minggu, 6 Oktober 2024 malam WIB.

Juve tak bisa memanfaatkan kesempatan bermain di kandang sendiri saat menjamu Cagliari. Unggul lebih dulu lewat penalti Dusan Vlahovic, Juve akhirnya kebobolan menjelang pertandingan usai. Gol Cagliari juga dicetak dari titik penalti.

Hasil yang mengecewakan bagi Juve karena sudah empat kali bermain imbang dari lima laga terakhir. Bahkan tiga laga yang berakhir imbang, Juve tak mampu mencetak gol.

Juve sesungguhnya sudah bangkit dan kembali ke jalur menang saat menghajar Genoa 3-0. Namun saat hendak menutup kompetisi yang diliburkan pekan depan karena agenda pertandingan tim nasional, Juve malah gagal meraih poin penuh.

Hanya mampu meraih satu poin menjadikan Juve naik satu strip di klasemen sementara. Dengan mengantungi poin 13, Juve naik ke posisi tiga. Sama dengan Udinese yang menang 1-0 atas Lecce. Namun Juve masih unggul selisih gol.

Namun Bianconeri gagal merapatkan jarak poin dengan Napoli yang bertengger di puncak klasemen Napoli unggul tiga poin dengan Juve. Sedangkan Inter Milan yang mengalahkan Torino 3-2 menempati peringkat dua dengan poin 14.

Sementara, Cagliari masih berkutat di papan bawah. Dengam memiliki poin enam, Cagliari naik satu strip dan menduduki peringkat 15.

Dalam duel itu Juve mengalami kesulitan menghadapi Cagliari. Lini depan yang kurang klinikal masih menjadi problem bagi pelatih Thiago Motta.

Meski demikian, Juve akhirnya bisa mengatasi kebuntuan. Hanya saja gol tercipta dari titik penalti di menit 15. Bermula dari pelanggaran bek Sebastiano Luperto yang dinilai menyentuh bola di kotak penalti.

Wasit Livio Marinelli meninjau insiden itu lewat VAR. Hasilnya, Luperto memang hand-balls sehingga Marinelli menunjuk titik putih usai melihat VAR. Luperto sempat mengajukan protes tetapi tidak digubris wasit.

Eksekusi penalti dituntaskan dengan baik oleh Vlahovic. Kiper Simone Scuffet sesungguhnya bisa membaca arah bola. Namun dia gagal menjangkaunya sehingga bola tetap meluncur deras ke gawang.

Setelah unggul 1-0, Juve tak menurunkan tempo permainan. Mereka tetap bermain menyerang. Apalagi, keunggulan ball possession La Vecchia Signora mencapai 72%.

Namun serangan mereka selalu gagal membuahkan gol. Keunggulan satu gol Juve pun bertahan hingga babak pertama usai.

Memasuki babak kedua Juve tetap bermain terbuka yang memungkinkan mereka menekan pertahanan Cagliari. Hanya saja permainan solid tim asuhan Davide Nicola membuat tuan rumah kesulitan menambah gol.

Saat pertandingan memasuki menit-menit akhir, Juve diperkirakan bakal menang. Namun harapan itu tak kesampaian setelah pemain pengganti Douglas Luiz melakukan blunder. Dirinya menjatuhkan Roberto Piccoli di kotak terlarang.

Wasit memilih meninjau insiden itu lebih dulu lewat VAR. Hasilnya, Douglas Luiz dinilai melakukan pelanggaran sehingga wasit memberikan penalti kepada Cagliari.

Eksekusi penalti dituntaskan Razvan Marin meski kiper Michele Di Gregorio nyaris berhasil menjangkau bola. Namun usahanya gagal. Skor berubah menjadi 1-1.

Juve mencoba bermain ofensif dengan memanfaatkan waktu tersisa. Sayangnya, Juve malah kehilangan seorang pemain setelah Francisco Conceicao dianggap melakukan diving di kotak terlarang. Wasit pun memberikan kartu kuning kedua yang disusul kartu merah di menit 89.

Alhasil, Juve gagal yang bermain dengan 10 orang gagal memenuhi harapan. Skor imbang 1-1 itu akhirnya bertahan sampai akhir laga.