Bagikan:

 

JAKARTA – Petenis peringkat keenam dunia Coco Gauff bangkit dari ketertinggalan satu set untuk mengalahkan Paula Badosa dan mencapai final China Open 2024.

Atlet berusia 20 tahun asal Amerika Serikat itu kalah di set pertama 4-6 sebelum bangkit dan memenangi dua set berikutnya 6-4 dan 6-2 pada Sabtu, 5 Oktober, petang WIB.

Bentrok kedua pemain ini adalah pertandingan ulang dari pertemuan mereka di babak 16 besar di Roma, yang dimenangkan Gauff. Hasil ini sekaligus membuat ia menyamakan rekor menang-kalah menjadi 3-3.

Kemenangan atas Badosa adalah kemenangan Gauff yang ke-20 di ajang WTA 1000 tahun ini. Itu merupakan kemenangan terbanyak yang pernah diraihnya dalam satu musim.

Gauff adalah pemain kelima yang berhasil meraih 20 kemenangan atau lebih di ajang WTA 1000 sebelum berusia 21 tahun.

Dia bergabung dengan Victoria Azarenka (20 kemenangan pada tahun 2009), Agnieszka Radwanska (20 kemenangan pada tahun 2009), Caroline Wozniacki (27 kemenangan pada tahun 2010), dan Iga Swiatek (22 kemenangan pada tahun 2022).

Tiket final ini membuat Gauff berpeluang merebut gelar berlevel WTA 1000 keduanya dan kelima secara keseluruhan dalam kariernya. Gauff menjalani minggu ini di peringkat enam Race to the WTA Finals di belakang Jessica Pegula dan di depan Emma Navarro .

Perjalanannya ke final WTA Tour keduanya musim ini otomatis memperkuat peluangnya untuk lolos ke ajang WTA Finals di Riyadh untuk tahun ketiga berturut-turut.

Di babak final nanti Gauff akan menghadapi pemain Ceko yang tidak diunggulkan Karolina Muchova atau favorit tuan rumah yang meraih medali emas Olimpiade 2024 Paris, Zheng Qinwen.