Dominasi Rekor Pertemuan, Persib Siap Hadapi Persiraja di Lanjutan Piala Menpora 2021
Pemain Persib, Jonathan Bauman (Foto: Persib.co.id/Jatnika Sadili

Bagikan:

JAKARTA - Persib Bandung akan menjamu Persiraja Banda Aceh pada matchday ketiga Grup D Piala Menpora 2021, di Stadion Maguwoharjo Sleman, sore nanti.

Setelah meraih sekali kemenangan dan sekali imbang dalam dua laga perdana, Pangeran Biru berharap masih bisa bertahan di turnamen ini, meskipun fokus persiapan tetap ke Liga 1 2021. 

Pelatih Robert Alberts menyatakan, anak asuhnya akan berusaha memberikan penampilan terbaik pada laga ini. Karena kemenangan menjadi tujuan, meskipun bukan prioritasnya. 

"Kami akan berusaha untuk meraihnya (kemenangan) karena ingin tetap bermain sepakbola. Kami ingin menang untuk bisa melangkah sejauh mungkin di turnamen ini," kata pelatih asal Belanda itu dilansir dari laman resmi Persib, Jumat.

"Profesi sebagai pesepak bola menuntut kami untuk memenangi setiap pertandingan. Tapi prioritas utamanya tetap membuat tim bebas dari cedera dengan melakukan rotasi dan memberikan pemain kesempatan bergembira lagi di pertandingan," jelasnya. 

Skema rotasi menjadi perhatian utama Robert. Pasalnya, ia ingin pemain merasakan kembali pengalaman melakoni pertandingan kompetitif yang sempat hilang karena pandemi COVID-19. 

Karena itu, Robert pun akan memberikan kesempatan pemain anyarnya, Farshad Noor untuk merasakan main sejak menit pertama.

"Farshad akan main sebagai starter besok. Dia sudah berlatih dengan baik dan bisa bernafas dengan normal. Dia juga bisa berlari. Jadi, besok akan menjadi ujian pertamanya dengan tampil sejak menit pertama untuk tim," bebernya.

Sejarah Pertemuan

Menilik sejarah pertemuan antara kedua klub sejak 27 Januari 1978, Persib dan Persiraja telah bertemu sebanyak 21 kali, dengan 11 pertemuan di kompetisi Divisi Utama Perserikatan dan sisanya di era Liga Indonesia. 

Di kompetisi Perserikatan, Persib tampil dominan. Tercatat, dari 11 pertandingan, sembilan di antaranya berhasil dimenangkan oleh Pangeran Biru dan dua kali bermain imbang. Persib juga sukses mencetak 26 gol dan hanya tiga kali kemasukan.

Sedangkan di Liga Indonesia, Maung Bandung mencatatkan enam kali kemenangan dan empat kali kalah. Pangeran Biru total menceploskan 16 gol dan kemasukan lima kali. 

Dari seluruh pertemuan tersebut, Persib lima kali menang dengan skor 4-0. Pertama pada tanggal 23 Oktober 1983 di kandang, lalu 6 November 1986 di laga tandang dan 20 Januari 1994.

Di Liga Indonesia, dua kemenangan telak 4-0 Persib atas Persiraja masih terjadi, yaitu ketika kedua tim bertemu pada 16 Maret 1995 dan 27 Desember 2007, yang merupakan pertemuan terakhir kedua tim.

Setelah itu, Persib yang menempati peringkat kelima di klasemen akhir, layak mendapat slot di Liga Super tahun 2008 berikutnya sedangkan Persiraja sendiri tertahan di Divisi Utama.