Bagikan:

JAKARTA - Timnas Indonesia U-20 akan menjalani laga perdana Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2025 dengan menjamu Maladewa U-20. Pertandingan itu akan digelar di Stadion Madya, Senayan, pada Rabu, 24 September 2024, pukul 19.30 WIB.

Di atas kertas, pertemuan dengan Maladewa bukan tergolong laga berat. Meski demikian, kewaspadaan tetap diterapkan Indra Sjafri selaku pelatih untuk penampilan anak asuhnya.

Sebelum menjalani laga perdana kontra Maladewa, Indonesia U-20 sudah mengantongi modal cukup mumpuni. Selain status juara di Piala AFF U-19 2024, skuad asuhan Indra Sjafri juga telah menjalani pemusatan latihan (TC) jangka panjang.

Kemudian, Indonesia U-20 berpartisipasi di agenda Seoul Earth on Us Cup 2024. Tiga kali tampil di ajang itu, Garuda Muda menang 2-1 lawan Argentina, lalu menuai kekalahan di dua laga lanjutan kontra Thailand dan Korea Selatan.

Setelah ajang itu, Indonesia U-20 juga melanjutkan TC di Bali untuk mematangkan persiapan.

Sementara kubu Maladewa, persiapan juga turut dijalani sebagai bekal bertandang ke Jakarta. Tim asuhan Shakir Ahmed diketahui berpartisipasi dalam sebuah turnamen sebagai persiapan.

Maladewa ambil bagian pada SAFF U-20 Championship. Menjalani dua laga, Maladewa menelan dua kelahan, yaitu 1-2 saat menghadapi Bhutan dan 0-1 saat bertemu India.

Jika berkaca pada catatan yang ada, di atas kertas Maladewa memang bukan tim berbahaya. Terlebih, tim asuhan Shakir Ahmed ini juga tak menorehkan hasil impresif di beberapa laga terakhir.

Walau begitu, Indonesia U-20 tetap perlu waspada dengan potensi Maladewa. Pasalnya, mereka diprediksi akan menyertakan Dhayyan Ahmed yang bisa menjadi batu sandungan bagi Garuda Muda.

Selain itu, pertemuan dengan Maladewa yang jadi laga perdana ini juga diprediksi akan berjalan tak mudah. Tim tamu bukan tidak mungkin berupaya memberikan tekanan demi membuka peluang lebih dulu.

Fokus dan waspada jadi kunci Garuda Muda. Tak boleh meremehkan dan tampil maksimal harus dilakukan demi tiga poin perdana.

Prakiraan Susunan Pemain

Indonesia U-20 (3-4-2-1): Ikram Al Giffari; Iqbal Gwijangge, Kadek Arel, Alfahrezi Buffon; M. Mufli, Figo Denis, Toni Firmansyah, Dony Try; Riski Afrisal, Arlyansyah Abdulmanan; Jens Raven

Pelatih: Indra Sjafri

Maladewa U-20 (4-4-2): Mohamde Yaameen; Ahmed Nawaf, Dhayyan Ahmed, Afzal Mohamed, Joodh Ashfaaq; Abdulla Looth, Adam Shiyaan, Mohamed Firaq, Mohamed Aiham; Yoosuf Saaif, Shanaan Rashhaad