Bagikan:

JAKARTA - Lando Norris berhasil meraih pole position untuk Grand Prix Singapura setelah mengalahkan Max Verstappen dalam sesi kualifikasi yang berlangsung Sabtu malam 21 September di Marina Bay. Kualifikasi ini diwarnai dengan insiden kecelakaan Carlos Sainz pada awal Q3.

Pembalap McLaren, Norris, mencatatkan waktu luar biasa 1 menit 29,525 detik dalam sesi kualifikasi yang pada akhirnya hanya tersisa satu lap setelah kecelakaan Sainz. Norris unggul beberapa persepuluh detik di depan Verstappen dari Red Bull, dan satu persepuluh detik di atas para pembalap Mercedes.

Lewis Hamilton, yang sempat mengalami masalah keseimbangan sepanjang latihan, berhasil bangkit dengan mencatat waktu yang lebih cepat dari rekan setimnya, George Russell, dan finis ketiga. Oscar Piastri, rekan setim Norris di McLaren, harus puas berada di posisi kelima.

Ferrari mengalami akhir kualifikasi yang buruk setelah Sainz menabrak dinding di tikungan terakhir saat bersiap memulai lapnya, membuatnya hanya mampu meraih posisi ke-10. Sementara itu, Charles Leclerc hanya bisa menempati posisi ke-9 setelah lapnya dihapus karena melanggar batas trek.

Nico Hulkenberg dari Haas tampil mengesankan dengan berada di posisi keenam, sementara Fernando Alonso dari Aston Martin dan Yuki Tsunoda dari Red Bull berhasil memanfaatkan masalah Ferrari untuk finis di posisi ketujuh dan kedelapan.

Hasil Kualifikasi Formula 1 Singapura 2024

  1. Lando Norris (McLaren) - 1:29.525
  2. Max Verstappen (Red Bull Racing) - 1:29.728
  3. Lewis Hamilton (Mercedes) - 1:29.841
  4. George Russell (Mercedes) - 1:29.867
  5. Oscar Piastri (McLaren) - 1:29.953

Alex Albon dan Franco Colapinto dari Williams hampir masuk ke Q3, di mana masing-masing berada di posisi ke-11 dan ke-12, meskipun Albon mengaku frustrasi karena kurangnya cengkeraman ketika ia membutuhkannya.

Sebelum kecelakaan Sainz, drama juga terjadi pada Sergio Perez yang gagal lolos ke Q3 setelah hanya mampu menempati posisi ke-13. Sementara itu, Daniel Ricciardo hanya menempati posisi ke-16 setelah lap terakhirnya di Q1 terganggu.

Lance Stroll dan Pierre Gasly juga tidak mampu menyamai kecepatan rekan setim mereka di Aston Martin dan Alpine, masing-masing berada di posisi ke-17 dan ke-18. Sedangkan Valtteri Bottas dan Zhou Guanyu dari Sauber berada di urutan paling belakang.