Ke Mana pun Aguero Pergi, Pergerakan Pasar Transfer Bakal Signifikan
Sergio Aguero (Instagram @kunaguero)

Bagikan:

JAKARTA - Dengan 257 gol yang dicetak dalam 384 penampilan sejauh ini, Sergio Aguero akan meninggalkan Manchester City dengan predikat pencetak gol terbesar klub.

Meskipun City memimpin perburuan gelar Liga Premier musim ini tanpa keterlibatan dominan penyerang Argentina ini, Guardiola kemungkinan akan terjun ke pasar transfer untuk mencari penggantinya.

Dan tentunya, itu bukan hal mudah. Seperti dicatat Football365, eks penyerang Atletico Madrid ini adalah pemain asing yang mencetak gol tertinggi di Liga Premier (181). Dia mencetak rata-rata gol setiap 108 menit dan bahkan mencetak gol setiap 91 menit pada 2019/20. 

Kun - demikian sapaannya - mencetak lebih dari 20 gol dalam enam dari 10 musimnya di City. Hanya kalah dari Alan Shearer yang melakukannya sebanyak tujuh kali. Ditambah, mantan menantu Diego Maradona ini telah mencetak 13 hat-trick untuk klubnya.

Dia tidak akan mudah untuk diganti, tetapi City harus mencoba. Siapa pun yang mereka pilih berikutnya, akan ada efek tidak langsung di pasar transfer Eropa.

Opsi Haaland

Kandidat yang jelas adalah Erling Haaland. Pemain asal Norwegia ini telah menjadi kekuatan yang tak terhentikan sejak muncul di kancah Eropa bersama RB Salzburg. Gol-golnya tidak berhenti  sejak dia bergabung dengan Borussia Dortmund di pertengahan musim 2019/20.

Dengan banderol 180 juta euro di kepalanya, kedatangan Haaland ke Etihad Stadium kemungkinan akan memiliki dampak atau efek domino yang lebih kecil seperti orang lain. Pasalnya, Dortmund cenderung menghindari penandatanganan nama-nama besar dari klub-klub Liga Champions yang sudah mapan.

Efek domino Liga Premier

Sky Sports mengatakan, Danny Ings dan Harry Kane bisa menjadi opsi lain.  Mereka melaporkan, mantan striker Liverpool, Ings, dipandang sangat baik di City.

Nama Kane mungkin yang paling menarik untuk dimunculkan. Kapten Tottenham itu telah membuktikan dirinya di salah satu klub besar Inggris dan telah tampil di Liga Champions. Di level internasional, dia juga finis sebagai pencetak gol terbanyak di Piala Dunia 2018.

Kontraknya di Spurs berjalan hingga 2024. Namun, Kane menolak untuk berkomitmen pada klub dan mengatakan bahwa "pemain top ingin memenangkan trofi besar,". Itulah yang belum dia dapatkan di London Utara.

Pertukaran Lukaku dan Aguero?

Di luar Inggris, Romelu Lukaku menghebohkan Serie A sejak bergabung dengan Inter dari Manchester United. Tapi, Inter disebut-sebut sebagai salah satu tujuan potensial Aguero sehingga kedua pemain ini bisa saja bertukar tempat.

Lukaku menikmati karier di bawah Antonio Conte, dan dia tidak mungkin ingin meninggalkan Milan. Sejauh ini, pemain Belgia telah mencetak 42 gol dalam 56 pertandingan Serie A. 

Rekan setim Lukaku di Inter, Lautaro Martinez bisa menjadi opsi yang lebih mungkin untuk City. Tapi, penyerang Argentina ini menarik perhatian Barcelona sejak lama.

Apa artinya bagi Messi?

Nama yang paling jelas untuk disebutkan dari rencana kepindahan Aguero adalah Lionel Messi. Kontrak La Pulga di Barcelona akan berakhir musim panas ini dan tidak ada petunjuk di mana masa depannya berada. 

Messi memang terlihat lebih bahagia dan lebih tenang sejak Joan Laporta kembali menjabat sebagai presiden. Namun, tidak ada yang pasti tentang apa yang akan terjadi musim panas ini.

Menurut MARCA, bergabungnya Messi ke City dapat membuka jalan bagi Aguero untuk mendarat di Camp Nou. Meskipun sesungguhnya, bertahannya Messi di Camp Nou bisa menjadi faktor yang dapat menarik Aguero ke Catalan agar dua Argentina itu bekerja sama.

Ke mana pun Aguero pergi, kemungkinan akan terjadi pergerakan signifikan di pasar transfer. Kecuali jika Guardiola mempertahankan skuat saat ini, menggunakan Gabriel Jesus atau bahkan Kevin de Bruyne sebagai pengganti  Aguero.