Bagikan:

JAKARTA - Kompetisi Liga 1 musim 2024/2025 telah dimulai sejak 9 Agustus 2024. Demi menyemarakkan kompetisi sepak bola tertinggi Indonesia itu, PSSI Pers dan Asosiasi Pesepak Bola Profesional Indonesia (APPI) berkolaborasi mengadakan penghargaan pesepak bola bulanan. Program ini bertajuk PSSI Pers-APPI Indonesia 11.

CEO APPI, M. Hardika Aji, menjelaskan terdapat tiga kategori penghargaan yang akan dibuat per bulan, yaitu Best Footballer of the Month, Best 11, dan Fans Favorite Footballer.

Pada kategori Best Footballer, Divisi Penelitian dan Pengembangan (Litbang) PSSI Pers akan menyiapkan lima nominasi. Lima nominasi itu kemudian akan diserahkan kepada 18 kapten tim Liga 1 2024/2025 untuk kemudian dilakukan voting.

"Pemain yang paling banyak dipilih para kapten akan keluar sebagai Best Footballer bulan tersebut," ujar Aji.

Dua kategori lainnya juga melibatkan Divisi Litbang PSSI Pers. Divisi Litbang PSSI Pers sekaligus akan menentukan para peraih penghargaan Best 11.

"Lalu, untuk kategori Fans Favorite Footballer, voting akan melibatkan warganet di media sosial. Mereka akan memilih pemain favoritnya melalui website appi-online.com/polls," tutur Aji lagi.

Ketua PSSI Pers, Taufiq Ardyansyah, menambahkan program PSSI Pers-APPI Indonesia 11 akan mulai bergulir bulan ini. Sebagai langkah awal, PSSI Pers-APPI Indonesia 11 telah merilis lima pesepak bola Liga 1 yang menjadi nominasi Best Player edisi Agustus.

Kelima pemain itu adalah Stefano Lilipaly (Borneo FC Samarinda), Igor Rodrigues (Persita Tangerang), Ciro Alves (Persib Bandung), Maciej Gajos (Persija Jakarta), dan Nermin Haljeta (PSM Makassar).

Lilipaly menjadi nominasi karena mencatatkan satu gol dan tiga assist sepanjang Agustus 2024.

Lalu, Igor membuat tiga clean-sheet dalam tiga laga sepanjang Agustus 2024.

Berikutnya, Ciro membuat satu gol dan empat assist dalam tiga pertandingan awal Liga 1 2024/2025.

"Untuk Gajos, namanya menjadi nominasi karena membuat dua assist sepanjang Agustus 2024. Terakhir, Haljeta membuat empat gol dalam tiga pertandingan Agustus 2024," kata Taufiq.

Taufiq berharap program ini membuat jalannya Liga 1 2024/2025 menjadi lebih menarik.

"PSSI Pers mengucapkan terima kasih kepada APPI atas kolaborasi ini. Semoga program ini berjalan lancar sampai akhir musim," ucapnya.