Bagikan:

JAKARTA - Keharmonisan para pemain Timnas Indonesia di luar lapangan tampaknya menjadi salah satu aspek yang membuat penampilan mereka di Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 apik.

Salah satunya terlihat dari hubungan rekan sekamar antara Sandy Walsh dan Maarten Paes.

Paes, yang menjadi pemain naturalisasi terbaru, disambut hangat oleh Walsh. Dia mengakui sang bek kanan kini menjadi teman dekatnya di Skuad Garuda.

Hubungan dekat itu tercipta lantaran Walsh bersedia dengan senang hati mengajari Maarten Paes bahasa Indonesia.

"Saya sedang belajar bahasa Indonesia. Saya setiap hari belajar dengan Sandy (Walsh) di kamar. Saya juga punya buku (bahasa Indonesia) yang saya pelajari," tutur Maarten Paes.

"Dia orang baik luar biasa, sangat lucu. Dia sangat lucu dan hangat untuk setiap orang yang baru datang bersamanya di kamar. Jadi, ya, dia luar biasa," katanya lagi.

Saking semangatnya belajar bahasa Indonesia untuk memudahkan komunikasi dengan rekan-rekan di Timnas Indonesia, Paes berani mengumbar keyakinan bahwa dia akan bisa diwawancari dalam bahasa Indonesia bulan depan.

"Hal itu (belajar bahasa Indonesia) membuat saya lebih baik. Jadi, bulan depan mungkin, saya bisa wawancara sepenuhnya dalam bahasa Indonesia," ujarnya.

Bulan depan, Timnas Indonesia akan melanjutkan perjalanan di Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Anak asuh Shin Tae-yong akan melakoni dua laga tandang melawan Bahrain dan China pada 10 serta 15 Oktober 2024.

Maarten Paes pun berjanji akan memberikan kontribusi besar buat Timnas Indonesia agar bisa mencetak sejarah lolos ke Piala Dunia.

"Tujuan saya memiliki kontribusi besar untuk permainan Timnas Indonesia," kata Maarten Paes.

Saat ini, seluruh pemain Timnas Indonesia sudah pulang ke klub masing-masing usai menjalani dua laga Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Pada dua laga itu, Skuad Garuda meraih hasil positif. Mereka mendapat dua poin usai menahan seri tim kuat Arab Saudi (1-1) dan Australia (0-0).