Bagikan:

JAKARTA - Kabar mengejutkan datang dari Timnas Indonesia. Kiper naturalisasi Maarten Paes dikabarkan bisa membela Skuad Garuda saat tampil di laga perdana Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Arab Saudi.

Hal ini disampaikan oleh Manajer Timnas Indonesia, Sumardji, seusai kegiatan Match Coordination Meeting (MCM) di Jeddah, Rabu, 4 September 2024.

"Hari ini sudah selesai kegiatan MCM untuk pertandingan Arab Saudi kontra Indonesia. Pada saat MCM disampaikan dan disahkan bahwa Paes bisa dimainkan di laga tersebut," ujarnya.

"Terima kasih sebesar-besarnya untuk Pak Erick Thohir atas usaha yang sudah dilakukan untuk bisa membuat Maarten Paes bisa dimainkan secepatnya," tutur Sumardji.

Sebelumnya, Maarten Paes dikabarkan tidak bisa bermain kontra Arab Saudi karena belum bisa didaftarkan.

Soalnya, pendaftaran sudah ditutup pada 5 Agustus 2024, sedangkan Paes baru memenangi guguatan di Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS) pada 18 Agustus 2024.

Meski demikian, kiper FC Dallas itu tetap ikut latihan tim di Arab Saudi mengingat dirinya juga butuh persiapan karena kemungkinan bermain saat melawan Australia di laga kedua pada 10 September 2024.

"Pendaftaran melawan Arab Saudi ditutup 5 Agustus 2024. Maarten dipanggil ke Arab Saudi," ujar Sumardji pada 23 Agustus 2024.

Sebagaimana diketahui, Maarten Paes bermasalah dengan perpindahan federasi dari Belanda (KNVB) ke Indonesia (PSSI).

Padahal, dia sudah resmi menjadi warga negara Indonesia pada April 2024. FIFA menolak perpindahan federasi itu dengan alasan Paes sudah pernah membela Belanda saat usianya lewat 21 tahun. Alhasil, PSSI melakukan banding ke CAS dan akhirnya permohonan itu dikabulkan.

Diizinkannya Paes bertanding melawan Arab Saudi pun menjadi sebuah tanda tanya lantaran sebelumnya Sumardji mengungkapkan sudah lewat dari batas pendaftaran.

Terlepas dari itu, Timnas Indonesia akan memulai perjalanan di Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Arab Saudi di Stadion King Abdullah Sports City, Jeddah, Jumat, 6 September 2024, dini hari WIB.