Bagikan:

JAKARTA – Amerika Serikat harus membutuhkan waktu selama 18 tahun untuk kembali menempatkan satu wakil dari tunggal putra di babak final US Open.

Kesempatan itu datang setelah petenis mereka, Frances Tiafoe, lolos ke babak semifinal dan bertemu dengan rekan senegaranya, Taylor Fritz, US Open 2024. Bentrok itu otomatis mengunci satu tiket final.

Andy Roddick adalah petenis Amerika terakhir yang memenangi gelar tunggal Grand Slam ketika ia mengalahkan Juan Carlos Ferrero di Flushing Meadows pada 2003.

Roddick juga merupakan petenis Amerika terakhir yang mencapai final US Open pada 2006. Namun, ketika itu, ia menelan kekalahan melawan petenis Swiss, Roger Federer.

Tiafoe yang selalu tampil menghibur lolos ke babak semifinal tahun ini setelah menghentikan petenis Bulgaria, Grigor Dimitrov, yang terpaksa mundur karena cedera.

Dimitrov memutuskan tidak melanjutkan permainan ketika Tiafoe sedang unggul atas dirinya 6-3, 6-7 (5-7), 6-3, dan 4-1. Dimitriv tampaknya mengalami cedera hamstring.

"Saya tidak ingin mengakhiri pertandingan seperti itu, baik untuk saya maupun penonton. Semifinal ini adalah pertandingan terbesar dalam hidup saya dan Taylor," kata Tiafoe usai laga, dikutip BBC Sport.

Menyentuh babak empat besar edisi tahun ini berarti semifinal besar ketiga bagi Tiafoe dan yang pertama bagi Fritz, yang melewati perempat final US Open 2024 dengan mengalahkan Alexander Zverev 7-6 (7-2), 3-6, 6-4, dan 7-6 (7-3).

Fritz bersorak kegirangan setelah berhasil menyingkirkan unggulan keempat dan runner-up edisi 2020 asal Jerman tersebut.

"Hari ini terasa berbeda. Saya benar-benar merasa inilah saatnya saya melangkah lebih jauh. Sudah sepantasnya saya melakukannya di sini, di lapangan ini, di depan para penonton," ujar Fritz usai laga.

Ini menjadi momen terbesar bagi Fritz dalam penampilannya yang ke-33 di ajang Grand Slam.

Ia sebelumnya kalah dari Novak Djokovic di perempat final US Open 2023, dua kali kalah di babak delapan besar Wimbledon 2022 dan 2024, serta mengalami kekalahan di perempat final Australia Open 2024.