Bagikan:

JAKARTA - Perjalanan Iga Swiatek di US Open 2024 terbilang senyap ketimbang unggulan lain. Dia tidak fokus mencuri perhatian.

Setapak demi setapak dia melewati tantangan dan kini kakinya sudah menginjak perempat final.

Diam-diam petenis nomor satu dunia itu ternyata mencatat rekor baru. Pada laga melawan Liudmila Samsonova di babak 16 besar, ternyata menjadi pertandingan tunggal Grand Slam ke-100 baginya.

Dia menang dengan skor meyakinkan 6-4, 6-1 atas Liudmila Samsonova untuk melaju ke perempat final. Kemenangan itu menambah rekor di Grand Slam menjadi 83-17.

Petenis Polandia itu tidak kehilangan satu set pun dalam empat ronde di partai itu.

"Awalnya saya merasa seperti bermain tenis gaya putra, menahan servis di setiap gim. Namun, saya tahu jika saya terus menekan, saya akan memiliki peluang untuk mematahkan servisnya. Pada gim kedua, saya hanya ingin tetap fokus dan tidak membiarkan pikiran saya melayang," kata Swiatek selepas mengamankan tiket perempat final.

Swiatek sangan dominan di hadapan Samsonova. Pada awal set kedua, dia juga menguasai permainan servisnya memenangi 13 dari 14 poin servis pertama serta 56 persen poin pengembalian.

Dua kali servis yang dipatahkan sudah cukup bagi petenis Polandia itu untuk menghentikan permainan Samsonova dan memastikan kemenangan di gim kedua setelah unggul 5-0.

Selain rekor pertandingan Grand Slam ke-100, Swiatek masih memiliki peluang lebar untuk menambah perolehan poinnya musim ini.

Sekarang, Swiatek memimpin WTA Tour dengan 57 kemenangan tahun ini setelah meraih lima gelar, termasuk mahkota Roland Garros keempatnya, dan medali perunggu Olimpiade.

Lawan Swiatek berikutnya di US Open 2024 sudah tidak asing lagi. Dia akan berhadapan dengan unggulan keenam asal Amerika Serikat, Jessica Pegula.

Bentrok tersebut menjadi pertemuan perempat final ketiga mereka di Grand Slam. Sebelumnya, Swiatek mengalahkan Pegula pada babak yang sama dalam perjalanannya meraih gelar Roland Garros dan US Open 2022.

Sementara khusus tahun ini, duel Swiatek kontra Pegula menjadi perjumpaan pertama yang dihelat pada Kamis, 5 September 2024, pukul 06.00 WIB.

Swiatek tahu benar laga nanti tidak mudah mengingat Pegula tengah dalam permainan terbaiknya di hadapan publik sendiri.

Karena itu, dia harus mempersiapkan diri dengan baik untuk bisa mengamankan tiket semifinal.

"Jess tidak pernah mudah dilawan. Ia memiliki gaya permainan yang rumit. Jadi, saya harus siap untuk reli yang lebih lama. Ia pemain yang hebat, jadi pasti itu akan menjadi tantangan," tutur Swiatek di laman resmi US Open.