Bagikan:

JAKARTA - Kabar baik untuk Timnas Indonesia yang akan menjalani Putaran Ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026. Sebanyak 14 pemain abroad atau yang berkarier di luar negeri kini sudah bergabung tim di Arab Saudi.

Timnas Indonesia akan menjalani laga pertama Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 dengan melawat ke markas Arab Saudi pada Jumat, 6 September 2024, dini hari WIB. Untuk laga itu, Shin Tae-yong selaku pelatih kepala memboyong 26 pemain ke dalam skuad.

Dari 26 pemain itu, 12 di antaranya adalah pemain yang merumput di liga domestik sehingga mereka bertolak serentak dari Jakarta pada Minggu, 1 September 2024. Sisanya, 14 pemain yang tersebar di beberapa negara diberikan keringanan untuk langsung menuju ke Arab Saudi.

"Semua pemain (14 orang) yang bermain di luar negeri sudah bergabung di Arab Saudi saat ini," kata Nova Arianto yang juga asisten pelatih Shin Tae-yong dalam keterangannya dikutip pada Senin, 2 September 2024.

Lebih lanjut, Nova juga memastikan kondisi para pemain yang sudah berkumpul saat ini sangat baik. Mereka sudah siap untuk mengikuti latihan perdana di Arab Saudi pada Senin, 2 September 2024, malam waktu setempat.

"Kondisinya mereka sangat baik dan siap mengikuti latihan perdana di Arab Saudi malam ini," ucap Nova.

Pemain-pemain abroad sebelumnya juga sudah mengunggah kehadiran mereka di Arab Saudi melalui akun media sosial Instagram masing-masing pada Senin, 2 September 2024, pagi WIB.

Pemain naturalisasi yang dimaksud ialah Calvin Verdonk, Justin Hubner, Ivar Jenner, Rafael Struick, Thom Haye, hingga Maarten Paes. Mereka mengunggah Instagram Story kehadiran mereka di Arab saudi melalui akun pribadinya.

Dari unggahan mereka itu, diketahui sudah bertolak ke Arab dari Belanda, Belgia, dan Amerika Serikat. Bahkan, pemain seperti Justin Hubner, Ivar Jenner, Rafael Struick, dan Thom Haye sudah menunjukkan keberadaan mereka di hotel di Arab Saudi.