Bagikan:

JAKARTA - Bayern Munchen akan menjamu SC Freiburg pada pekan kedua Bundesliga 2024/2025 di Allianz Arena, Minggu, 1 September 2024, malam WIB.

Vincent Kompany, pelatih baru Die Roten, memang tampak meyakinkan di dua laga awal tim. Munchen menang 4-0 melawan Ulm di DFB Pokal. Lalu, mereka menekuk VfL Wolfsburg 3-2 pada pekan pertama liga.

Namun, laga melawan Wolfsburg itu membuat Kompany waswas. Soalnya, Munchen harus bangkit dari ketertinggalan 1-2 sebelum mengamankan tiga poin.

Tak heran, pada laga kedua Bundesliga, Kompany ingin pasukannya bermain lebih nyaman selama 90 menit dan tak terseok-seok lagi.

Hanya saja, masalahnya pelatih asal Belgia itu harus kehilangan Josip Stanisic dan Hiroki Ito. Leroy Sane juga masih diragukan tampil walau sudah kembali berlatih penuh pada pertengahan minggu setelah cedera panggul.

Seperti laga pertama, Kompany memainkan Michael Olise yang baru melakukan debutnya untuk menggantikan Sane. Namun, kontribusinya sebagai alternatif gol belum terbukti.

Terlebih, Freiburg tampil mengejutkan di awal musim ini. Mereka membungkam Vfl Osnabruck 4-0 di DFB Pokal dan menumbangkan runner-up Bundesliga musim lalu, VfB Stuttgart, dengan skor meyakinkan 3-1 pada pekan perdana liga.

Situasi itu menegaskan bahwa transisi kursi kepelatihan berjalan mulus. Julian Schuster yang masih berusia 39 tahun sejauh ini meyakinan dalam meneruskan tongkat estafet dari Christian Streich yang sudah 12 tahun bersama Freiburg.

Dua kemenangan itu lebih mengejutkan lagi mengingat Freiburg tidak diperkuat beberapa pemain kunci karena cedera.

Sebut saja kiper Noah Atubolu, striker Michael Gregoritsch, dan bek Manuel Gulde. Lalu, Daniel-Kofi Kyereh dan pemain baru Eren Dinkci juga tidak dapat diturunkan.

Nyatanya, tanpa kehadiran pemain kunci tersebut tetap membuat Freiburg sulit. Lukas Kubler bisa muncul sebagai pahlawan tim dengan mencetak dua gol melawan Stuttgart.

Opsi lain di daftar pelapis juga tampil baik, seperti Vincenzo Grifo, Lucas Holer, dan Ritsu Doan, yang semuanya sudah mencetak gol dalam rentang dua pertandingan itu.

Munchen layak waspada lantaran Freiburg bisa menjadi batu sandungan. Awalnya, Die Roten sempat percaya diri untuk memajukan Harry Kane memimpin tim.

Soalnya, pemain Timnas Inggris itu digadang bisa memberi suntikan lebih untuk penggawa lain usai menerima Sepatu Emas Eropa 2023/2024.

Masalahnya, Kane tidak pernah mencetak gol ke gawang Freiburg di Bundesliga (10 tembakan pada 2023/2024).

Statistik Pertandingan

Kecemasan lain datang dari catatan statistik. Munchen mesti serius mematikan Lucas Holer yang sudah membobol gawang mereka sebanyak lima kali.

Dia hanya kalah dari Andrej Kramaric (Hoffenheim) yang sudah membobol gawang Munchen delapan kali.

Selain itu, ada ambisi Schuster yang ingin memenangi dua pertandingan beruntun Bundesliga pertamanya saat menangani klub.

Sebagaimana diketahui, Freiburg merupakan klub pertama Schuster dalam karier manajerialnya.

Dia ingin membuktikan bahwa nasib buruknya melawan Munchen ketika masih aktif bermain tak akan mengikuti dalam karier kepelatihannya. Saat masih menjadi pemain diketahui Schuster tidak pernah menang melawan Munchen, seri sekali dan 10 kali kalah.

Motivasi Schuster kian menguat setelah melihat catatan pertemuan Freiburg melawan Munchen. Klub berjuluk Breisgau-Brasilianer itu tidak pernah menang di kandang Die Roten dalam 24 kali bentrok (seri tiga kali dan kalah 21 kali).

Prakiraan Formasi

Bayern Munchen: Neuer; Boey, Kim, Upamecano, Davies; Kimmich, Palhinha; Olise, Musiala, Gnabry; Kane

Pelatih: Vincent Kompany

Freiburg: Muller; Kubler, Rosen Felder, Lienhart, Gunter; Eggestein, Osterhage; Doan, Rohl, Grifo; Adamu

Pelatih: Julian Schuster