Bagikan:

JAKARTA - Gelandang Mikel Merino disebut sebagai pembelian tepat Arsenal. Merino yang didatangkan dari Real Sociedad ini memilii reputasi sebagai gelandang paling agresif di La Liga Spanyol. Dia pun punya janji untuk Arsenal saat melakoni petualangan anyar di Premier League Inggris.

Arsenal bakal kian mumpuni setelah merekrut Merino. Bagaimana tidak, Arsenal sukses mendatangkan salah satu pemain tengah terbaik dunia.

Dia tidak hanya jago dalam duel perebutan bola. Bahkan Merino selalu memenanginya sehingga membantu membangun permainan Sociedad dan tim nasional Spanyol. Ini yang menjadikan dia disebut sebagai the most combative midfielder.

Hanya transfer Merino dari Sociedad memang tak gampang. Namun, Arsenal tetap berusaha mendapatkan Merino. Hasilnya, pemain berusia 28 ini bisa pindah ke London Utara. Demi menggaet Merino, Arsenal menggelontorkan duit 31,6 juta poundsterling atau sekira 726 miliar rupiah.

Merino pun siap fight untuk menjaga reputasinya sebagai gelandang untuk '100% berusaha memenangkan dalam perebutan bola'. Merinmo merupakan pemain tengah yang selalu memenangkan duel dibandingkan pemain di liga-liga top Eropa. Dia tercatat sudah 326 kali unggul dalam perebutan bola.

"Pencapaian itu merupakan bagian dari apa yang menjadi penampilan saya. Ini juga menunjukkan karakter yang ada pada diri ini. Tentu saya tetap ingin fight dalam perebutan bola. Ini hal yang sudah saya pelajari sejak saya masih yunior," kata Merino seperti dikutip laman klub.

"Kadang Anda memenangkan pertarungan itu, tetapi kadang Anda gagal. Saya tidak berjanji akan memenangkan setiap pertarungan, tetapi saya berjanji akan fight 100 persen dalam setiap perebutan bola," ujarnya.

"Saya adalah pekerja keras. Saya sendiri ingin menjadi rekan tim yang bagus. Saya suka bekerja dalam tim baik saat menguasai bola atau tidak. Saya lebih memikirkan aspek kolektif pertandingan. Jadi, saya akan membawa kultur sepak bola Spanyol," ucap Merino lagi.

Merino sudah bermain di Sociedad selama enam tahun terakhir. Dia tampil sedikitnya 250 kali dan turut memenangkan Copa del Rey 2020. Sebelumnya, Merino sempat bermain di Bundesliga Jerman dengan memperkuat Borussia Dortmund. Dia juga pernah dipinjamkan ke Newcastle United.

Saat pindah ke Arsenal dan kembali bermain di Liga Inggris, Merino optimistis tak kesulitan beradaptasi. Apalagi, dia sudah bermain bersama dengan kiper David Raya di timnas. Mereka turut membawa Spanyol memenangi Euro 2024.

Selain itu ada kapten Martin Odegaard dan Kieran Tierney yang pernah mampir ke Sociedad sebagai pemain pinjaman. Mreka bermain bersama di kub tersebut.

"Saya memang sempat berkirim pesan dengan dia [Raya] selama beberapa hari terakhir. Kami memiliki hubungan baik di tim. Saya berharap hubungan ini bisa lebih baik di Arsenal," ucapnya.

Perekrutan Merino diharapkan membantu The Gunners mengakhiri puasa trofi Liga Inggris musim ini. Sebelumnya, tim asuhan Mikel Arteta selalu gagal dalam perebutan gelar juara selama dua musim terakhir setelah ditelikung Manchester City.