Bagikan:

JAKARTA - Wojciech Szczesny telah mengumumkan pensiun dari sepak bola profesional pada usia 34 tahun.

Mantan kiper Arsenal dan Juventus itu memberikan informasi terkait gantung sepatunya melalui Instagram pribadi.

Szczesny memulai dengan ceritanya keluar dari kampung halaman dan merantau ke Inggris. Langkahnya itu ternyata tepat.

Berawal dari Arsenal, namanya kemudian menjadi perhatian klub-klub besar. Berkat karier apiknya itu, Szczesny sempat tak tegantikan di Timnas Polandia.

"Saya meninggalkan Warsawa, kampung halaman saya pada Juni 2006 untuk bergabung Arsenal dengan satu impian, mencari nafkah dari sepak bola."

"Saya tidak tahu bahwa itu akan menjadi awal dari perjalanan seumur hidup. Saya tidak tahu bahwa saya akan bermain untuk klub-klub terbesar di dunia dan mewakili negara saya sebanyak 84 kali."

"Saya tidak tahu bahwa saya tidak hanya akan mencari nafkah dari permainan ini, tetapi permainan ini akan menjadi seluruh hidup saya."

"Saya tidak hanya mewujudkan mimpi saya. Saya telah tiba di tempat yang bahkan imajinasi saya tidak berani membawanya."

"Saya bermain di level tertinggi dengan pemain terbaik sepanjang sejarah tanpa pernah merasa rendah diri."

"Saya telah mendapatkan teman seumur hidup, menciptakan kenangan yang tak terlupakan dan bertemu orang-orang yang telah memberikan dampak luar biasa dalam hidup saya."

"Segala yang saya miliki dan semua yang saya miliki, saya berutang pada permainan sepak bola yang indah."

"Saya juga memberikan semua yang saya miliki untuk permainan ini. Saya memberikan 18 tahun hidup saya untuk permainan ini, setiap hari, tanpa alasan," tutur Wojciech Szczesny.

Lebih lanjut, kiper kelahiran Warsaw itu mengungkapkan alasan memilih pensiun meski dia mengaku masih siap tampil kompetitif.

"Hari ini, meskipun tubuh saya masih terasa siap menghadapi tantangan, hati saya sudah tidak ada di sana lagi."

"Saya merasa sekarang saatnya untuk memberikan seluruh perhatian saya kepada keluarga saya, istri saya yang luar biasa, Marina, dan kedua anak kami yang cantik, Liam dan Noelia."

"Oleh karena itu, saya telah memutuskan untuk pensiun dari sepak bola profesional," kata Szczesny.

Wojciech Szczesny bergabung tim muda Arsenal dari Leiga Warsawa pada 2006 dan dipromosikan ke skuad senior hanya tiga tahun kemudian.

Ia tampil sebanyak 181 kali untuk The Gunners selama delapan tahun masa baktinya.

Penjaga gawang, yang juga memiliki 84 penampilan untuk Timnas Polandia, kemudian menandatangani kontrak bersama Juventus dengan transfer senilai 10 juta pound. Dia menghabiskan sisa tujuh tahun kariernya di Italia.

Szczesny menjadi bebas agen awal bulan ini setelah mengakhiri kontraknya dengan Juventus.

"Sekarang, setiap cerita memiliki akhir, tetapi dalam hidup, setiap akhir adalah awal yang baru."

"Hanya waktu yang dapat menjawab apa yang akan terjadi dengan jalan baru ini. Namun, jika 18 tahun terakhir mengajarkan saya sesuatu, itu adalah bahwa tidak ada yang mustahil dan percayalah, saya akan bermimpi besar!" ujarnya.

Meski begitu, Szczesny belum memberitahukan kelanjutan dari perjalanan hidupnya. Apakah kembali ke sepak bola atau tidak, masih belum terang.