Bagikan:

JAKARTA - Pemain anyar Dani Omo membawa Barcelona ke puncak klasemen La Liga Spanyol. Dalam debutnya, Olmo mencetak gol penentuan saat menang 2-1 atas Rayo Vallecano di Stadion Campo de Futbol de Vallecas, Rabu, 28 Agustus 2024 dini hari WIB.

Barca nyaris tumbang saat menghadapi tuan rumah Vallecano yang menunjukkan tren positif saat mengawali kompetisi. Di laga itu, Barca tertinggal gol lebih dulu. Bahkan gawang Marc Andre-ter Stegen sudah kebobolan di menit-menit awal pertandingan.

Namun Barca mampu membalikkan keadaan dan berhasil memenangkan pertandingan. Ini menjadikan Barca meraih poin sempurna dari tiga laga pertama dan langsung bertengger di puncak klasemen.

Sementara, Vallecano gagal memperbaiki peringkat. Dengan memiliki poin empat, Vallecano masih berada di papan tengah. Mereka menempati posisi delapan.

Barca menggeser Villarreal yang sempat merebut posisi teratas dengan melengserkan pimpinan klasemen Celta Vigo. Dalam perebutan puncak yang berlangsung ketat, Villarreal menang 4-3.

Hanya saja, Villarreal menguasai posisi puncak selama 24 jam karena Barca yang kemudian melakukan kudeta. Kini, Barca unggul dua poin dari The Yellow Submarine yang mengantungi poin tujuh.

Di laga itu, Vallecano mampu merepotkan Barca. Apalagi tuan rumah sudah unggul saat saat laga baru berjalan sembilan menit. Gelandang Unai Lopez sukses membobol gawang Barca setelah menyambut umpan silang Jorge de Frutos.

Keunggulan 1-0 Vallecano itu bertahan sampai akhir babak pertama. Pasalnya tidak ada gol yang tercipta di menit-menit berikutnya.

Memasuki babak kedua, pelatih Hansi Flick mengubah strategi yang menjadikan permainan Barca lebih ofensif. Mereka menekan pertahanan Vallecano.

Striker Robert Lewandowski mendapat peluang bagus untuk menyamakan skor di menit 51. Namun eks pemain Bayern Bayern Munchen ini gagal memanfaatkan peluang tersebut.

Kesabaran pemain Barca akhirnya membuahkan hasil. Gelandang Pedri memecah kebuntuan saat menyelesaikan assist dari Raphinha di menit 60. Tendangan keras kaki kirinya berhasil menaklukkan kiper Dani Cardenas.

Setelah gol yang mengubah skor menjadi 1-1, Barca kian agresif menekan lawan. Apalagi, mereka unggul dalam penguasaan bola.

Usaha Barca sempat memberi hasil saat Lewandowski membobol gawang Vallecano di menit 70. Hanya saja gol lewat tendangan dari jarak dekat itu kemudian dianulir. Wasit meninjau kemelut di depan gawang Vallecano lewat VAR. Hasilnya, bek Jules Kounde tertangkap melakukan pelanggaran dalam proses terciptanya gol tersebut.

Namun Barca tak butuh waktu lama untuk membalikkan keadaan. Olmo yang masuk di babak kedua menggantikan Ferran Torres sukses membobol gawang tuan rumah di menit 82.

Olmo, alumni akademi Barca La Masia tetapi dibeli dari RB Leipzig yang sebelumnya tak bisa didaftarkan ke La Liga ini mencetak gol indah sat menyambut assist dari Lamine Yamal.

Skor berubah menjadi 2-1 untuk Barca. Tidak ada lagi tambahan gol dan Barca meraih kemenangan ketiga untuk memberi tekanan kepada rivalnya Real Madrid yang tertahan di peringkat lima dengan poin empat.