Bagikan:

JAKARTA – Indonesia tidak memiliki wakil di babak final Jepang Open 2024. Itu terjadi setelah pasangan ganda putra Leo Rolly Carnando/Bagas Maulana ikut tersingkir.

Pasangan tersebut takluk dua gim langsung 21-19 dan 21-17 saat bersua unggulan kedelapan asal Malaysia, Goh Sze Fei/Nur Izzuddin, di Yokohama Arena, Jepang, pada Sabtu, 24 Agustus siang WIB.

"Dari sisi permainan, saya memang banyak mati sendiri. Pukulan terasa kurang enak. Meskipun begitu tadi saya sebenarnya sudah mencoba mengeluarkan pukulan-pukulan yang enak tetapi masih susah untuk menghasilkan angka," ujar Bagas usai laga.

Meski demikian, babak semifinal merupakan pencapaian bagus buat Leo/Bagas. Itu karena mereka datang ke turnamen ini sebagai komposisi baru.

Bagas sebelumnya berpasangan dengan Muhammad Shohibul Fikri, sedangkan Leo berpartner dengan Daniel Marthin. Namun, menjelang turnamen ini mereka dirombak oleh Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI).

"Hasil ini lumayan bagus sudah bisa sampai semifinal dengan pasangan baru. Meskipun demikian, kami tetap harus kerja keras dan menjaga komunikasi. Serta harus saling yakin dengan partner," kata Bagas.

Kekalahan ini membuat Leo/Bagas mengikuti langkah Fikri/Daniel yang sudah tersingkir terlebih dahulu pada pagi tadi. Kekalahan dua wakil terbaru ini otomatis memastikan Indonesia nirgelar.

Leo mengatakan bahwa dalam laga ini permainan mereka tidak seperti yang diharapkan. Terlebih di tiga laga sebelumnya mereka tampil bagus dan tercatat tidak kehilangan satu set pun.

"Pertahanan kami tidak sesolid pada pertandingan sebelumnya. Ini juga karena serangan lawan yang gencar. Juga mungkin ada faktor angin yang saya rasakan. Shuttlecock saat saya pukul tidak mau turun, terasa masih mengambang," kata dia.

Indonesia menurunkan total 10 wakil di ajang berlevel Super 750 BWF ini. Namun, hanya dua pasangan di atas yang bisa mencapai babak empat besar.

Adapun rincian delapan wakil lain sebelumnya adalah tiga tersingkir di babak pertama, empat tersingkir di babak kedua, dan satu sisanya pulang di perempat final babak kemarin.