Bagikan:

JAKARTA - Kabar baik datang untuk Timnas Indonesia yang kini dapat suntikan dana sebesar Rp80 miliar. Hal ini dipastikan usai kerja sama resmi terjalin antara PSSI dan Bank Mandiri sebagai presenting partner yang berdurasi tiga tahun.

PSSI memang getol menggaet perusahaan pemberi sponsor. Hal itu dilakukan dalam rangka memenuhi kebutuhan Timnas Indonesia di berbagai kelompok umur agar pendanaan tak melulu berasal dari Pemerintah.

Wakil Ketua Umum PSSI, Zainudin Amali, pun menjamin Bank Mandiri tak bakal merugi akibat menjalin kerja sama dengan PSSI.

Pasalnya, PSSI selalu memastikan ada dasar bisnis dalam tiap kemitraan yang terbangun dengan perusahaan pemberi sponsor.

"Mensponsori sepak bola tidak akan merugikan apa pun karena ini hitungannya bisnis. Dari yang saya dengar, apalagi di Bank Mandiri, itu ada ukurannya."

"Paling tidak memberi sekali, harus mendapat tujuh kali manfaat. Itu yang kami jaga betul," ungkap Zainudin Amali dalam acara penandatanganan kerja sama PSSI dan Bank Mandiri di Plaza Mandiri, Jakarta, pada Jumat, 23 Agustus 2024.

"PSSI selalu berusaha memberi yang terbaik kepada para mitra dan sponsor. Semoga ini menjadi semakin baik, laba Mandiri meningkat, dan peringkat FIFA Timnas Indonesia lebih baik," tuturnya.

Selaras dengan hal itu, Direktur Utama Bank Mandiri, Darmawan Junaidi, juga menyambut positif kerja sama pihaknya dengan PSSI. Menurut dia, ini merupakan komitmen Mandiri dalam mendukung kemajuan sepak bola Indonesia.

"Ini merupakan wujud nyata komitmen Bank Mandiri mendukung kemajuan sepak bola Indonesia," ucap Darmawan Junaidi dalam kesempatan yang sama.

"Kami berterima kasih kepada Bapak Erick Thohir dan Bapak Zainudin Amali atas kesempatan yang diberikan untuk Bank Mandiri berpartisipasi memajukan sepak bola melalui dukungan kami kepada Timnas Indonesia," katana lagi.

Dalam kesempatan ini, Bank Mandiri menjalin kerja sama dengan PSSI berupa pendanaan untuk Timnas Indonesia, baik senior putra dan putri maupun kelompok umur.

Kerja sama awal berdurasi tiga tahun, tetapi perusahaan bakal melakukan evaluasi terkait hal ini setiap tahunnya.

"Payung (kerja samanya) tiga tahun, tetapi setiap tahun akan selalu kami evaluasi mengenai coverage, apa saja yang bisa dimanfaatkan, dan Mandiri akan memberikan apa," ucap Darmawan.

"Akan tetapi, untuk tahap pertama, kami akan memberikan 80 miliar kepada PSSI yang bakal digunakan untuk Timnas Indonesia. Timnas Indonesia semua, mulai dari senior, junior, dan putra-putri, semuanya. Itu nanti yang akan diberikan oleh Mandiri."

"Pasti Mandiri sudah melihat manfaat keberadaan Mandiri di setiap pertandingan Timnas Indonesia. Hal itu akan meningkatkan branding Bank Mandiri," ujar Dermawan.