MotoGP Dimulai Pekan Ini, Valentino Rossi: Seperti Hari Pertama Masuk Sekolah
Valentino Rossi (Foto: Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Valentino Rossi tak bisa menyembunyikan kegembiraannya ketika Kejuaraan Dunia MotoGP kembali bergulir diawali dengan seri pembuka di Qatar pada akhir pekan ini.

Meski ini merupakan tahun ke-26 bagi sang pebalap veteran Italia bertarung di ajang Grand Prix, Rossi tersenyum lebar layaknya anak sekolah menyambut tahun ajaran baru.

"Ini seperti hari pertama masuk sekolah, selalu menyenangkan," kata juara dunia sembilan kali itu di sesi jumpa pers Grand Prix Qatar, seperti dilansir Antara dari laman resmi MotoGP, Kamis.

Tahun ini pun Rossi mengenakan seragam baru, setelah meninggalkan tim pabrikan Yamaha dan melanjutkan kariernya setidaknya satu tahun lagi bersama tim Petronas Yamaha SRT, untuk pertama kalinya sejak 2001 ia membela tim satelit.

"Saya berganti tim setelah sekian lama tapi saya merasa atmosfernya bagus dan hasil tesnya tak terlalu buruk.

"Sekarang kita lihat di akhir pekan balapan sesungguhnya," kata Rossi yang ingin membalap dua tahun lagi meski usianya sudah kepala empat.

Sementara itu Joan Mir masih menjadi favorit untuk mempertahankan gelar juara dunia.

Pebalap Spanyol itu menjadi pebalap paling konsisten tahun lalu, di tengah absennya Marc Marquez yang cedera sepanjang musim, hingga merebut titel MotoGP pertamanya di tahun keduanya turun di kelas premier bersama Suzuki.

"Senang bisa berada lagi di sini. Tahun lalu musim yang sangat baik, mewujudkan mimpi menjadi juara dunia," kata Mir.

"Tapi, kami di sini, di Qatar, mulai dari nol lagi semuanya. Hasil tes tak terlalu buruk tapi kami masih harus berbenah.

"Kami menantikan musim ini, dengan tantangan yang berbeda dan mencoba mempertahankan gelar," kata Mir.

Fabio Quartararo akan menjadi salah satu penantang serius untuk perebutan gelar juara tahun ini setelah sang pebalap Prancis direkrut tim pabrikan Yamaha.

Quartararo harus merelakan gelar juara tahun lalu melayang menyusul penampilan tak konsisten motornya meski memenangi tiga grand prix di musim yang terganjal pandemi itu.

"Tahun lalu pada akhir musim terasa sulit, tapi saya belajar banyak hal yang bisa memberi saya banyak pengalaman untuk masa depan.

"Saya siap untuk 2021 dan itu yang paling penting," kata Quartararo.

Setelah menjadi tuan rumah tes pramusim selama lima hari bulan ini, Qatar bersiap menjadi dua tuan rumah seri pembuka pada 28 Maret dan 4 April nanti.