Bagikan:

JAKARTA - PSIM Yogyakarta tergabung di Grup 2 Liga 2 2024/2025. Mereka akan bersaing memperebutkan tiga tiket ke babak Championship dengan delapan tim lain.

Laskar Mataram sangat serius mempersiapkan tim demi mengusung target promosi ke Liga 1 musim depan. Tak heran, mereka sudah langsung memperkuat jajaran kepelatihan lebih dulu begitu Liga 2 2023/2024 rampung.

"Pasti target kami ke Liga 1 (musim depan). Kami memperkuat manajer tim dulu, kemudian pelatih kepala, asisten, analis, pelatih fisik, dan tim sport science. Terakhir, memperkuat first team," ujar Liana Tasno, CEO PSIM, saat mengunjungi kantor VOI.id.

Pelatih kepala Seto Nurdiantoro menjadi incaran awal. Pelatih kenamaan itu digaet pada Mei 2024.

Tahap selanjutnya, Seto langsung bekerja untuk memperkuat jajaran kepelatihan. Erwan Hendarwanto dan Didik Wisnu direkrut untuk mengisi pos asisten pelatih serta pelatih kiper.

Mereka akan dibantu Asep Ardiansyah selaku pelatih fisik dan Ivan Wirajaya (analis) yang melengkapi staf kepelatihan PSIM untuk Liga 2 2024/2025.

Selepas melengkapi jajaran kepelatihan, PSIM langsung memperkuat tim utama. Sejumlah nama lama dipertahankan.

Sebut saja Khairu Fikri (kiper), Savio Sheva, Yudha Alkanza, Sugiyanto Rohman, dan Gulam Fatkur (gelandang).

Tak hanya itu, dua pemain pinjaman musim lalu pun dipermanenkan. Mereka ialah Samuel Simanjuntak (bek) dan Arya Gerryan (gelandang).

Kemudian sektor pemain asing tak luput dari perhatian. Regulasi Liga 2 2024/2025 membolehkan merekekrut maksimal tiga legiun asing.

PSIM pun memenuhi kuota tersebut setelah mendatangkan Yusaku Yamadera (Jepang/bek), Rafinha (Brasil/penyerang), dan Pedrinho (Brasil/gelandang).

Selanjutnya, Seto fokus menggenapi jumlah tim utamanya menjadi 23 pemain. Karena itu, PSIM mendaratkan nama-nama seperti Adittia Gigis, Muammar Khadafi, Saldi Amiruddin, Roken Tampubolon, dan Rendra Teddy di sektor gelandang.

Sementara lini pertahanan dihuni pemain anyar semisal Sunni Hizbullah, Rio Herdiawan, Asyra Gufron, Lucky Oktavianto, serta Edgard Amping.

Tak berhenti di situ, Laskar Mataram juga melengkapi kuota tiga penjaga gawang dengan menghadirkan Riki Pambudi dan Harlan Suardi.

PSIM juga tak main-main memantapkan lini serang. Tak tanggung-tanggung, Irvan Yunus Mofu didatangkan dengan status peringkat keempat pencetak gol terbanyak Liga 2 2023/2024 bersama Persipal Palu.

Irvan mengemas 10 gol musim lalu dan berada di bawah Alexsandro (PSBS Biak/19), Matheus Silva (Nusantara United/14), dan Kenneth Ngwoke (Semen Padang/13)

"Kami memang sudah bersiap dari lama. Kami sudah mengerjakan yang penting, setahap demi setahap."

"Skuad 90 persen lengkap, berisi pemain senior dan asing. Kami salah satu klub yang paling matang dalam persiapan dibanding yang lain. Sekarang tinggal memenuhi regulasi pemain U-21," tutur Liana Tasno lagi.

Khusus pemain U-21, PSIM baru saja meresmikan beberapa nama. Muhammad Fariz jadi pemain muda pertama yang digaet dengan status pinjaman dari PSS Sleman.

Terbaru, pada Senin, 12 Agustus 2024, Laskar Mataram meminjam dua nama pemain muda lagi dari Persija Jakarta, yaitu Arlyansyah Abdulmanan dan Figo Dennis.

Menilik komposisi tersebut, PSIM jelas sudah siap tempur bahkan untuk memenuhi regulasi Liga 2 2024/2025. Sebagaimana diketahui, masing-masing tim wajib memainkan selama 45 menit dua pemain U-21 di kompetisi.

Terlepas dari itu, PSIM sudah menggelar latihan perdana pada awal Juli 2024. Sejumlah program pun sudah dijalankan, termasuk latihan fisik dan uji tanding.

Babak Reguler Liga 2 2024/2025 akan sepak mula pada 7 September 2024.