Bagikan:

JAKARTA – PB Djarum kembali menggelar audisi tahun ini untuk mencari calon-calon pebulu tangkis berbakat.

Audisi ini akan berlangsung pada 10-14 September 2024 di GOR Djarum, Jati, Kudus, Jawa Tengah. Ada beberapa tahapan yang harus dilalui peserta, dimulai dari pendaftaran sampai karantina.

Ketua PB Djarum dan Program Director Bakti Olahraga Djarum Foundation, Yoppy Rosimin, mengatakan bahwa audisi ini bukan sekadar rutinitas mencari bibit bulu tangkis.

"Namun, juga menjadi gerakan menjaga mata rantai prestasi yang bisa membangkitkan kejayaan bulu tangkis Indonesia di panggung dunia," katanya dalam keterangan resmi PB Djarum.

Pendaftar secara daring untuk mengikuti audisi ini sudah dibuka sejak 1 Juni 2024 dan baru akan ditutup pada 2 September 2024. Selanjutnya, ada tahap daftar ulang yang dibuka pada 9 September 2024 dari pukul 09.00–15.00 WIB.

Setelah daftar ulang, peserta pun siap menjalani proses seleksi selama lima hari pada 10-14 September 2024 dan dilanjutkan karantina pada 15 September sampai 12 Oktober 2024.

Ketua Tim Pencari Bakat Audisi Umum PB Djarum, Sigit Budiarto, menuturkan bahwa audisi tahun ini mengadopsi skema yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, termasuk pengelompokan usia peserta hingga sistem penilaian.

"Tujuannya tentu dengan perubahan skema seleksi ini, kami berharap benar–benar menemukan bibit pebulu tangkis berkualitas," kata dia.

Audisi PB Djarum 2024 menyasar tiga kategori usia (KU), yakni KU-11, KU-11 dan KU-12. Kelompok umur tersebut terbuka untuk kategori putra dan putri.

Dalam keterangan resmi Djarum, per Minggu, 4 Agustus 2024, jumlah pebulu tangkis muda yang telah mendaftarkan diri mengikuti audisi ini berjumlah 1.010 peserta.

Mereka berasal dari berbagai penjuru Indonesia, seperti Aceh, Bali, Bangka Belitung, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Nusa Tenggara Timur, hingga Papua.

Adapun pendaftar terbanyak berasal dari Jawa Tengah dengan 452 atlet.