Bagikan:

JAKARTA - Arema FC kembali berhasil melangkah ke partai final Piala Presiden 2024. Mereka akan berjumpa Borneo FC di Stadion Manahan pada Minggu, 4 Agustus 2024, pukul 19.30 WIB.

Final edisi keenam ini merupakan partai puncak keempat Singo Edan. Bahkan, pada tiga final sebelumnya, Arema selalu keluar sebagai juara, yaitu pada edisi 2017, 2019, dan 2022.

Arema berambisi mempertahankan gelar sekaligus meraih trofi keempat Piala Presiden.

"Tentu, Borneo FC bukan tim yang bisa dipandang sebelah mata. Kami sama seperti sebelumnya, ketemu Borneo FC lagi. Mudah-mudahan kami bisa mempertahankan juara," tutur Manajer Arema FC, Wiebie Dwi Andreaspria.

Arema dan Borneo sudah bentrok dua kali di final Piala Presiden. Pada kedua pertemuan itu, edisi 2017 dan 2022, Singo Edan selalu tampil sebagai pemenang dengan skor 5-1 dan agregat 1-0.

Peluang Arema terbuka. Hanya saja, mereka tidak bisa menjadikan catatan perjumpaan itu sebagai acuan.

Singo Edan mesti tetap bekerja keras mengingat Borneo juga tampil menjanjikan sejak fase grup hingga semifinal.

"Sama seperti Persija dan Persis Solo, partai melawan Borneo FC tidak bisa kami pandang sepele. Kami harus kerja keras untuk memenangi final. Meski untuk mempertahankan lebih sulit, kami akan berusaha keras," tutur Wiebie.

Sementara itu, pelatih Arema FC, Joel Cornelli, sudah mempersiapkan tim dengan baik. Dia memantau permainan Borneo FC demi menyiapkan strategi yang tepat.

Dia pun mengamini bahwa catatan pertemuan tak bisa menjadi rujukan.

"Saya sudah melihat Borneo FC di beberapa laga lewat siaran TV. Borneo FC adalah tim luar biasa. Kami respek kepada mereka. Kami berharap bisa bermain bagus," kata Cornelli.

"Jadi, sangat penting untuk menjaga satu formasi, kami masih punya pemain pilihan bagus di bangku cadangan."

"Jadi, tinggal lihat saja nanti di lapangan. Kami perlu berhati-hati dengan kejutan dari mereka."

"Saya yakin, anak-anak bisa main baik. Namun, tentu saja dalam waktu 90 menit nanti kami akan lihat apa yang terjadi. Peluangnya 50:50, tapi kita masih punya peluang memperbesarnya," tuturnya.

Arema melangkah ke final usai tampil tak terkalahkan di fase grup. Mereka mengemas tujuh poin dari dua kemenangan dan satu seri. Lalu, mereka menekuk Persis 2-0 di semifinal.

Singo Edan juga tampil sebagai tim paling produktif di Piala Presiden 2024. Sejauh ini, mereka sudah mengemas 10 gol dan kebobolan dua gol.