Bagikan:

JAKARTA - Bayern Munchen meraih kemenangan 2-1 atas Tottenham Hotspur dalam Audi Summer Tour 2024 di Stadion Seoul, Seoul, Korea Selatan, Sabtu, 3 Agustus 2024 malam WIB. Pelatih Bayern Vincent Kompany merasa puas dengan hasil itu. Sebaliknya, manajer Tottenham Ange Postecoglou menyebut pemainnya kelelahan.

Bayern dan Tottenham bertemu dalam laga uji coba di Asia. Kedua tim juga sama-sama memiliki pemain asal Korsel. Bayern diperkuat bek Kim Min-Jae yang mengukuhkan sebagai salah satu andalan di sektor pertahanan klub Bundesliga Jerman ini.

Sementara, Tottenham mengandalkan sang ikon Korsel, Son Heung-min. Meski tak pernah meraih trofi bersama klub Premier League itu, terutama bila dibandingkan seniornya, Park Ji-sung, yang berkibar bersama Manchester United, namun Son tetap merupakan pemain paling populer di Korsel.

Laga uji coba itu seharusnya menjadi reuni Tottenham dengan sang mantan, Harry Kane. Eks kapten dan striker The Lilywhites ini meninggalkan klub di musim lalu. Hanya Kane juga masih gagal meraih trofi dalam debutnya di Jerman.

Namun Kane absen di laga tersebut. Sebaliknya, mantan pemain Tottenham lain, Eric Dier, diturunkan Kompany di babak kedua dengan menggantikan Kim.

Meski demikian, saat kedua tim melakukan pemanasan, Dier sempat terlibat pembicaraan serius dan akrab dengan Son, Richarlison, James Maddison maupun pemain lain.

Di pertandingan itu, Bayern langsung bermain ofensif dengan menyerang pertahanan Tottenham. Hasilnya, gelandang Serge Gnabry nyaris membobol gawang Tottenham saat laga baru berjalan dua menit. Tendangan eks pemain Arsena ini masih melambung.

Namun dua menit kemudian, gelandang Gabriel Vidovic yang musim lalu dipinjamkan ke Dinamo Zagreb tak melakukan kesalahan.

Kerjasama pemain berusia 20 ini dengan Gnabry berujung dengan gol. Sepakan Vidovic yang meleati dua kaki kiper Guglielmo Vicario membawa Bayern unggul 1-0.

Hanya saja skor satu gol itu bertahan sampai turun minum. Bayern gagal menambah gol. Sedangkan Tottenham masih mengalami kebuntuan sepanjang 45 menit pertama.

Di babak kedua, Bayern yang bermain agresif berhasil memperbesar keunggulan. Gelandang Leon Goretzka yang masuk menggantikan Joshua Kimmich mengubah skor menjadi 2-0 di menit 56

Tottenham akhirnya memperkecil ketinggalan di menit 66. Gol mereka dihasilkan Pedro Porro sehingga skor berubah 2-1.

Selanjutnya, Tottenham mendapat peluang melalui Brennan Johnson, Dejan Kulusevski dan pemain muda Lucas Bergvall. Namun mereka gagal menyamakan skor sehingga Tottenham harus mengakui keunggulan Bayern.

"Ini pertandingan dengan dua tim berbeda. Kami melakukan banyak pergantian pemain. Mereka menunjukkan mentalitas yang kuat. Tetapi fokus kami tak berubah, yaitu memulihkan kebugaran pemain," kata Kompany seperti dikutip laman klub.

"Saya senang menyaksikan penampilan pemain yang bertahan bersama sehingga menyulitkan Tottenham mencetak gol. Kami juga mampu menjaga tempo permainan dan melakukan tekanan sehingga kami menciptakan banyak peluang. Ini membuat saya senang," ucap dia lagi.

Sementara, Postecoglou justru mengritik tur Tottenham ke Asia. Menurut dia pemain malah kehabisan energi karena harus melakoni perjalanan yang panjang dan bertanding dengan cuaca yang panas.

"Jujur saja pemain merasakan efek dari latihan keras selama 10 hari di sini [Korea]," kata Postecoglou.

"Menurut saya kami memang mendapat manfaat dari pemusatan latihan di sini. Namun di pertandingan ini kami harus membayar harga dari apa yang sudah kami lakukan," ujarnya.

Kedua tim akan kembali bertemu di laga uji coba. Kali ini, uji coba kedua digelar di kandang Tottenham di Stadion Tottenham Hotspur, London 10 Agustus 2024.