Bagikan:

JAKARTA - Sesi free practice (FP1) MotoGP Inggris 2024 jadi milik pebalap Pramac Ducati, Jorge Martin, yang berhasil mencatatkan diri menjadi tercepat. Bagi Marc Marquez, kemalangan kembali didapatnya karena terlibat insiden di lintasan.

Pada sesi FP1 di Sirkuit Silverstone, Jumat, 2 Agustus 2024, sore WIB, para rider Aprilia terlihat langsung tancap gas. Di posisi depan ada Maverick Vinales yang mengungguli Aleix Espargaro.

Sekitar 20 menit tersisa, dari total durasi 45 menit, Aleix Espargaro tampak berada di posisi terdepan. Di belakangnya ada dua rider Ducati, Francesco Bagnaia dan Enea Bastianini.

Beberapa menit kemudian, Jorge Martin yang pamer kecepatan dengan torehan waktu 1 menit 59,627 detik. Rider Pramac Ducati itu mengungguli Espargaro dengan selisih 0,092 detik.

Setelah itu giliran Marc Marquez dari pabrikan Gresini Ducati yang tak mau kalah menggeber tunggangan. Torehan waktunya sementara ini menempatkannya dirinya di posisi kelima dengan jarak 0,306 detik dari Jorge Martin.

Namun, saat FP1 tersisa dua menit, Marquez malah terjatuh di Tikungan 15, meski setelahnya dia langsung bangkit dan kembali melanjutkan sisa waktu.

Sebelum itu, ada pula Pedro Acosta dari pabrikan KTM yang mengalami insiden di Tikungan 6. Pada sisa waktu, Jorge Martin menebalkan keunggulan. Ia menajamkan waktu dengan 1 menit 59,383 detik dan menjadi yang tercepat dalam sesi FP1 MotoGP Inggris 2024.

Vinales berada di posisi kedua. Sementara Aleix Espargaro di posisi ketiga. Selepas FP1, masih ada sesi free practice kedua yang akan digelar pada Jumat pukul 21.00 WIB.

Sebagai pengingat, sejak Silverstone tahun lalu, ada perubahan format pada sesi latihan MotoGP. Salah satunya adalah bahwa hasil FP1 tidak lagi masuk hitungan untuk menentukan masuk ke Q1/Q2 (kualifikasi) MotoGP.

Satu-satunya sesi latihan yang waktunya akan dicatat untuk masuk hitungan dalam sesi kualifikasi Q1/Q2 kini dinamakan practice. Sesi practice itu digelar setelah FP1 dan sebelum FP2 pada setiap pekan balapan.