Bagikan:

JAKARTA - Federasi Sepak Bola Perancis (FFF) melayangkan aduan kepada FIFA terkait aksi Enzo Fernandez.

FFF bahkan menyatakan bahwa mereka mengutuk keras aksi yang dilakukan sang pemain dalam perayaan kemenangan Argentina di Copa America 2024.

Sebelumnya diketahui bahwa Enzo Fernandez melakukan aksi tak terpuji saat siaran langsung. Tayangan nyanyian bernada rasial terdengar dalam perayaan juara Copa America 2024.

Nyanyian tersebut ditujukan kepada Timnas Perancis yang memiliki banyak pemain keturunan Afrika.

Kejadian itu langsung menyita perhatian FFF yang kemudian memilih mengajukan tuntutan resmi dan tak akan puas dengan penyelesaian sederhana. Protes resmi pun diajukan ke Federasi Sepak Bola Argentina (AFA) dan FIFA.

"Presiden Federasi Sepak Bola Perancis (FFF), Philippe Diallo, mengutuk keras aksi rasis dan diskriminatif yang tak bisa diterima serta ditujukan kepada Timnas Perancis dalam bagian nyanyian yang dinyanyikan oleh pemain dan suporter Argentina setelah mereka memenangi Copa America dan ditayangkan lewat video di media sosial," bunyi pernyataan FFF dikutip dari Bein Sport pada Kamis, 18 Juli 2024.

"Mengingat seriusnya hal mengejutkan ini, yang tentu bertentangan dengan nilai olahraga dan hak asasi manusia, Presiden FFF memutuskan menghubungi Federasi Argentina dan FIFA untuk mengajukan tuntutan hukum atas aksi rasis dan diskriminatif," lanjut pernyataan tersebut.

Isi nyanyian itu sendiri mengungkit soal beragam latar belakang pemain-pemain Timnas Perancis. Nyanyian itu sudah terdengar di Piala Dunia 2022, tapi kembali dilantunkan lagi pada kesempatan kali ini.

Padahal, Perancis tak ada sangkut-pautnya dengan kiprah Argentina di Copa America 2024.

Enzo Fernandez sendiri sejatinya sudah meminta maaf atas aksi tak terpuji tersebut. Sang pemain mengaku terlalu larut dalam euforia kemenangan.

"Video itu, momen itu, kata-kata itu, tidak mencerminkan kepercayaan saya atau karakter saya. Saya benar-benar meminta maaf," tutur Enzo Fernandez.