Bagikan:

JAKARTA - Timnas Spanyol menggelar pawai juara Euro 2024 di Ibu Kota Madrid pada 15 Juli 2024 waktu setempat.

Sehari sebelumnya, Dewan Kota Madrid sudah mengeluarkan imbauan bahwa jalan di Ibu Kota akan penuh sesak dengan publik Spanyol yang menyambut Tim Matador.

Ada 11 titik yang dilewati pawai Timnas Spanyol. Kurang lebih, pawai tersebut memakan waktu enam jam.

La Roja sudah tiba di Bandara Adolfo Suarez Madrid-Barajas pada pukul 14.10 waktu setempat. Mereka kemudian menuju Istana La Zarzuela untuk bertemu Raja Felipe VI pukul 18.30.

Titik pemberhentian berikutnya ialah La Moncloa yang mana Perdana Menteri Spanyol, Pedro Sanchez sudah menunggu Tim Matador pukul 19.30.

Pawai Spanyol juara Euro 2024 (Instagram/@sefutbol).

Pawai kemudian melewati beberapa titik tempat berkumpulnya publik Spanyol, seperti Plaza de San Bernardo, Plaza de Bilbao, Plaza de Alfonso Martinez, Plaza de Colon, Calle Jorge Juan, Puerta de Alcala, Montalban, dan berakhir di Ayuntamiento Palacio de Comunicaciones dan Plaza de Cibeles.

Pawai Spanyol juara Euro 2024 (Instagram/@sefutbol).

Seperti dilansir Marca, di Plaza de Cibeles menjadi puncak pemberhentian Timnas Spanyol. Di alun-alun air mancur itu, masyarakat Spanyol dan Tim Matador disuguhkan berbagai hiburan.

Berbagai artis kenamaan Spanyol tampil. Sebut saja, Isabel Aaiun yang menyanyikan lagu Potra Salvaje.

Rute pawai juara Spanyol (Instagram/@sefutbol).

Lagu tersebut menjadi salah satu lagu yang sering diputar penggawa Luis de la Fuente di ruang ganti selama Euro 2024.

Selain itu, ada juga Aitana dan Almacor yang menghibur dengan lagu Brillos Platino. Semua acara itu dipandu oleh DJ Wally Lopez.

Pada akhir acara, Ibai Llanos bersama Saul Ramos memimpin selebrasi Timnas Spanyol di panggung sambil memamerkan trofi Euro 2024.

Pawai Spanyol juara Euro 2024 (Instagram/@sefutbol).

Sebagai informasi, Spanyol mencetak sejarah setelah menjadi juara Euro 2024. Mereka menjadi tim pertama dan satu-satunya yang berhasil meraih empat trofi Euro sepanjang penyelenggaraan.

Gelar itu mengakhiri penantian 12 tahun Spanyol tanpa trofi Euro atau 14 tahun tanpa gelar turnamen besar (Piala Dunia dan Euro).

Terakhir kali La Roja juara Euro ialah pada edisi 2012, sementara trofi Piala Dunia terakhir kali digenggam Spanyol pada 2010.

Menariknya, Spanyol meraih tiga trofi Euro dalam hanya dalam lima edisi terakhir.