Bagikan:

JAKARTA - Pemain depan Belanda Joshua Zirkee tak menunggu lama usai gagal lolos ke final Euro 2024. Setelah Belanda disingkirkan Inggris di laga semifinal, Zirkee langsung terbang untuk menjalani tes medis di Manchester United.

Hanya 24 jam setelah Belanda menyerah 2-1 saat menghadapi Inggris di Stadion BVB, Dortmund, Kamis, 11 Jui 2024 dini hari WIB, Zirkzee sudah berada di Kota Manchester. Pemain berusia 23 ini menjalani tes setelah klubnya, Bologna, mencapai kesepakatan dengan MU.

MU tak perlu menebus klausul rilis pemain saat menggaet Zirkzee. Hanya, The Red Devils harus merogoh kocek 34 juta poundsterling atau sekira 709 miliar rupiah untuk pembelian pemain yag mengemas 11 gol selama 34 pertandingan Serie A Italia musim lalu.

Namun Manchester Evening News menulis bila harga yang harus dibayar MU sebesar 36 juta euro. Angka memang lebih tinggi dari klausul rilis pemain.

Hanya saja, juara Piala FA ini tak perlu membayar kontan untuk pembelian Zirkzee. Bologna sepakat dengan pembayaran melalui beberapa termin yang berjangka waktu tiga tahun.

Keberhasilan menggaet Zirkzee membuat MU mengalahkan AC Milan yang sesungguhnya juga tertarik memboyong dia. Terakhir, Milan memutuskan mundur setelah gagal mencapai kesepakatan personal dan besaran komisi untuk agen.

Zirkzee sendiri bakal mendapat kontrak jangka panjang dari MU bila menyelesaikan tes medis. Klub elite Premier League Inggris ini memberikan kontrak berdurasi lima tahun dengan opsi perpanjangan satu tahun untuk dirinya.

Perekrutan pertama MU musim ini memang berjalan mulus. Bahkan rencana itu sudah hampir diwujudkan saat Belanda bersua Inggris di semifinal Euro 2024.

Usai pertandingan, gelandang MU Kobbie Mainoo langsung mendekati Zirkzee dan menyalaminya. Mereka sempat berbincang sejenak sehingga memunculkan spekulasi di antara fans Inggris bila Mainoo mengucapkan selamat bergabung kepada eks penyerang Bayern Munchen ini.

Zirkzee pun diyakini tak kesulitan beradaptasi di klub barunya. Bagaimana tidak, tim ditangani Erik ten Hag yang juga berasal dari Belanda dan meraih sukses saat menangani Ajax Amsterdam.

Tak hanya itu, dirinya bakal ditangani langsung eks striker Belanda Ruud van Nistelrooy yang pernah membela MU selama lima tahun, 2001 hingga 2006.

Begitu menandatangani kontrak dengan MU, Zirkzee bakal diberi liburan singkat. Pasalnya dia sudah harus bergabung dengan tim untuk mengikuti pramusim di Amerika Serikat.

Zirkzee mulai menjadi perhatian saat pelatih Belanda Ronald Koeman memanggil dia di saat-saat terakhir pengumuman skuat resmi Euro 2024.

Zirkzee masuk tim Oranje setelah dicoretnya Frenkie de Jong dan Teun Koopmeiners yang masih cedera dan gagal pulih tepat waktu.

Dia melakoni debut saat Belanda menang 2-1 atas Turki di perempat final Euro. Zirkzee menjadi pemain ketiga Belanda yang menjalani debut di Piala Eropa setelah Martien Vreijsen (Euro 1980) dan Cody Gakpo (2020).