Bagikan:

JAKARTA - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, segera kembali ke Tanah Air selepas menjalankan perawatan kesehatan di Korea Selatan. Hal tersebut dipastikan oleh Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Sinulingga.

Sebelumnya diketahui Shin Tae-yong baru saja menjalani operasi radang dada. Saat ini, kata Arya, Shin sedang dalam fase pemulihan.

Meski saat ini Arya mengatakan sang pelatih sudah bisa beraktivitas, ia masih tetap dalam masa pemulihan selepas operasi.

"Iya itu (tindakan operasi) benar, Shin baru saja operasi karena ada sakit radang di dada," ucap Arya Sinulingga dalam keterangan di kawasan Jakarta dikutip pada Rabu, 10 Juli 2024.

"Namun, (kondisi Shin Tae-yong) sudah sehat, langsung ke sini (ke Indonesia). Iya, 'kan pemulihan. Kemarin 'kan dia baru pulang kampung. Melihat lapangan bola di kampungnya, bikin penamaan jalan. Ada waktu istirahat lah," ujarnya lagi.

Kondisi kesehatan yang sedikit menurun sejatinya sudah dirasakan Shin Tae-yong menjelang pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2026 pada Juni 2024. Saat itu pelatih asal Korea Selatan itu sampai dilarikan ke rumah sakit karena flu dan batuk.

Setelah berhasil mengantarkan tim Merah-Putih lolos ke Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, Shin pulang ke Korea Selatan.

Pada momen itulah sang pelatih menyisipkan agenda istirahat sekaligus menjalani pengobatan.

Bukan kali ini saja Shin menjalani perawatan karena sakit. Pada 2021 Shin juga sempat dibawa pulang ke Korea Selatan untuk perawatan dengan menggunakan ambulans udara.