Bagikan:

JAKARTA – Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) tidak memberi beban apa pun kepada sprinter andalan Indonesia, Lalu Muhammad Zohri, ketika tampil di Olimpiade Paris 2024.

"Tidak ada target khusus," demikian kata Sekretaris Jenderal Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI), Tigor Tanjung, ketika dihubungi pada Rabu, 3 Juli 2024.

Muhammad Zohri lolos ke Paris melalui alokasi University Place. Dia akan mewakil Indonesia di cabang olahraga atletik nomor 100 meter putra.

Ini adalah penampilan kedua Zohri di mutlievent terbesar empat tahunan itu. Dia sebelumnya merasakan Olimpiade pertama ketika tampil di Tokyo 2020.

Atlet yang pernah menjadi kampiun Kejuaraan Dunia U-20 2018 itu pada saat ini tengah melanjutkan persiapannya di ASEAN University Games (AUG) 2024. Dia pun meraih medali emas di sana.

Tigor mengatakan bahwa Zohri selanjutnya akan mengasah kemampuan di pemusatan latihan yang akan berlangsung di Jakarta dan Pangalengan sebelum bertolak ke Paris.

"Belum ada rencana diturunkan lagi (di kejuaraan apa pun)," ujar dia.

Olimpiade Paris 2024 akan berlangsung pada 26 Juli sampai 11 Agustus 2024. Total ada lebih dari 10 ribu lebih atlet yang akan tampil menjadi kontestan di sana.

Indonesia pada saat ini sudah memastikan 29 atlet yang akan tampil di Paris. Masih ada kemungkinan jumlah atlet itu bertambah lagi.

Indonesia akan hadir dengan target membawa pulang lebih dari dua medali emas untuk pertama kalinya dalam sejarah keikutsertaan di Olimpiade.

Dalam catatan sejarah Olimpiade, prestasi terbaik Indonesia ialah dua medali emas pada Olimpiade Barcelona 1992, yang disumbangkan oleh bulu tangkis tunggal putra dan putri.