Bagikan:

JAKARTA – Pengurus Pusat Persatuan Basket Seluruh Indonesia (PP Perbasi) memasang target menyelenggarakan Kejuaraan Dunia U-19 Putri pada tahun 2027.

Sekretaris Jenderal PP Perbasi, Nirmala Dewi, mengonfirmasi informasi tersebut dalam konferensi pers yang berlangsung di GBK Arena, Senayan, Jakarta, pada Selasa, 2 Juni 2024, pagi WIB.

Dia mengatakan bahwa pihaknya sudah mengusulkan diri ke FIBA terkait rencana itu. Hal tersebut dilakukan atas izin Menteri Pemuda dan Olahraga, Dito Ariotedjo, setelah pertemuan beberapa waktu lalu.

"Kami sudah bertemu dengan Pak Menpora pada saat itu bersama FIBA dan prinsipnya disetujui," ujar Nirmala.

Izin itu mempertimbangkan kesuksesan Indonesia ketika menyelenggarakan Piala Dunia FIBA 2023. Ketika itu, Indonesia menjadi tuan rumah bersama Filipina dan Jepang.

Nirmala mengatakan bahwa Perbasi tidak hanya ingin menjadi penyelenggara Kejuaraan Dunia U-19 Putri pada 2027, tapi juga memburu prestasi dari ajang tersebut.

"Makanya, kami masih punya waktu untuk melakukan scouting (pemain). Kami sudah mulai di beberapa daerah, tetapi secara resmi belum kami buka," kata dia.

Sejauh ini induk basket Indonesia tersebut sudah mendapat beberapa bibit pemain dari hasil scouting. Pemain-pemain itu punya postur sesuai kriteria sehingga tinggal dibina.

Nirmala menjelaskan bahwa postur tinggi pemain basket Indonesia merupakan sebuah permasalahan yang selama ini dihadapi. Karena itu, mereka perlu mencari pemain jangkung.

"Untuk pemain putri, ada beberapa, tapi tidak akan saya sebutkan namanya dulu. Satu pemain berusia 13 tahun sudah memiliki tinggi sekitar 180-an cm lebih dan kami akan mencari terus," ujar dia.

Upaya pencarian pemain yang dilakukan oleh Perbasi ini karena Indonesia belum memiliki liga basket putri. Usaha itu pun dinilai belum terlambat.

Pemain-pemain yang dipanggil nanti masih memiliki waktu yang cukup untuk menjalani pemusatan latihan jangka panjang sebelum turnamen.

Nirmala menjelaskan langkah ini sebelumnya pernah terbukti efektif bagi Timnas Basket Putri Indonesia dengan meraih medali emas di SEA Games Kamboja 2023.

"Mereka waktu itu pemusatan latihan panjang di Surabaya, kemudian berangkat lagi ke China Taipei, lalu berangkat lagi ke beberapa kota dan beberapa negara," kata Nirmala.

FIBA sampai saat ini belum memberikan kejelasan terkait apakah Indonesia akan menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia U-19 Putri pada 2027.

Meski demikian, peluang Indonesia untuk bisa menjadi tuan rumah tampaknya cukup besar. Soalnya, sejauh ini baru Indonesia yang mengajukan diri untuk menyelenggarakannya ajang itu.

Perbasi berencana akan mengadakan pertemuan dengan FIBA untuk mendapat kepastian. Kesempatan itu kemungkinan dilakukan dalam waktu dekat karena pada saat ini FIBA sedang berada di Jakarta.