Bagikan:

JAKARTA  - Penjaga gawang Portugal, Diogo Costa, akhirnya dinobatkan sebagai Pemain Terbaik oleh Vivo setelah penampilannya yang luar biasa dalam kemenangan adu penalti 3-0 atas Slovenia di Stadion Frankfurt Arena, Senin 1 Juli.

"Dia menciptakan beberapa momen luar biasa. Selain membuat tiga penyelamatan penalti yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam adu penalti, dia juga melakukan penyelamatan satu lawan satu yang hebat pada waktu tambahan melawan Šeško. Dia menunjukkan tingkat konsentrasi tinggi sepanjang pertandingan, ciri khas kiper top dalam pertandingan besar," kata Panel Pengamat Teknis UEFA. 

Diogo Costa sendiri merasa sangat senang dengan penampilannya. "Ketika saya menyelamatkan tembakan dari Šeško di waktu tambahan, saya merasa harus melakukannya. Saya membaca bahasa tubuhnya dan mampu membantu tim," kata Costa.

Lebih lanjut, Costa menambahkan bahwa ini mungkin adalah pertandingan terbaik dalam hidupnya. "Saya fokus untuk melakukan apa yang harus saya lakukan. Saya mengikuti insting saya. Tentu saja kami sudah menganalisis para penendang penalti, tapi para pemain bisa berubah dan mereka mengubah cara mereka menendang. Saya sangat senang dan sangat bersemangat telah membantu tim," ujarnya.

Setelah Ronaldo mencetak gol dari penalti pertama, Costa menegaskan pentingnya menjaga keyakinan. "Kami semua merasa perlu terus percaya. Kami percaya hingga akhir dan kami semua sangat bahagia," ujarnya.

Kemenangan ini memastikan Portugal akan berhadapan dengan Prancis untuk ketiga kalinya secara berturut-turut di EURO, setelah bertemu di final 2016 dan di babak grup edisi 2020.

Dalam wawancaranya dengan EURO2024.com, Costa mengungkapkan emosinya. "Ini adalah perasaan yang luar biasa. Itu adalah pertandingan yang sulit, kami tahu apa yang akan mereka lakukan dan mereka melakukannya dengan baik. Saya berhasil fokus sepanjang pertandingan dan menunggu kesempatan untuk membantu tim. Pertandingan seperti ini adalah yang paling sulit karena saya jarang menyentuh bola, tapi kerja keras terbayar," tuturnya.

Costa juga menekankan pentingnya dukungan keluarga dan kesiapan tim menghadapi tantangan berikutnya. "Keluarga adalah dukungan saya dan sekarang siapa pun yang datang, kami siap. Tim seperti kami harus siap menghadapi segalanya dan kami siap menghadapinya," kata Costa.

Mengenai penalti yang diselamatkannya, Costa mengatakan, "Kali ini saya melakukannya dengan cara yang berbeda. Saya mengikuti insting saya, saya pikir itu adalah keputusan terbaik dan itu memang keputusan terbaik, jadi saya sangat senang bisa membantu tim - itulah yang paling penting."

Dengan penampilan gemilang ini, Diogo Costa tidak hanya membantu Portugal meraih kemenangan, tetapi juga memperkuat posisinya sebagai salah satu penjaga gawang terbaik di dunia saat ini