Bagikan:

JAKARTA - Kenyataan pahit mesti diterima Marc Marquez setelah tampil di MotoGP Belanda 2024. Marquez yang finis di posisi keempat justru kehilangan poinnya dan malah merosot ke posisi 10.

Pada balapan di Sirkuit Assen, Minggu, 30 Juni 2024, Marquez mestinya mendapat 13 poin setelah finis di posisi keempat. Namun, pada kenyataannya, pebalap Gresini Racing itu hanya mendapat enam poin.

Hal ini terjadi lantaran Marquez dinyatakan terkena hukuman penalti 16 detik dan harus puas berada di urutan ke-10. Hukuman itu diterimanya karena melanggar peraturan soal tekanan ban.

"Sayangnya, meski sedikit, kami berada di luar parameter teknis terkait tekanan ban. Karena itu, kami menerima penalti tersebut," ucap Marc Marquez terkait keadaan yang dialaminya dilansir dari Crash pada Senin, 1 Juli 2024.

"Sangat disayangkan kami meninggalkan tempat ini dengan poin yang cuma sedikit," tutur Marquez.

Buntut dari posisi Marquez yang terpental itu, ia malah tertinggal dalam persaingan di klasemen pebalap MotoGP. Posisi Marquez terancam oleh Enea Bastianini yang menguntit di peringkat keempat dengan 136 poin.

Marquez kini mengantongi 142 poin atau tertinggal 58 poin dari Jorge Martin yang menjadi pemimpin klasemen sementara dengan 200 poin.

Sementara itu, sang juara bertahan, Francesco Bagnaia, ada di peringkat kedua dengan 190 poin atau unggul 48 poin dari Marquez.