Bagikan:

JAKARTA  – Babak 16 besar Euro 2024 bisa terganggu oleh badai petir parah di Jerman akhir pekan ini. Fase gugur akan dimulai pada Sabtu 29 Juni di mana pertandingan antara Swiss dan Italia di Berlin, diikuti oleh pertandingan antara tuan rumah Jerman dan Denmark di Dortmund.

Pada Minggu, 30 Juni, Inggris akan menghadapi Slovakia di Gelsenkirchen, sebelum Spanyol bertanding melawan Georgia di Cologne.

Di antara pertandingan-pertandingan tersebut, pertandingan di Dortmund yang paling mungkin terkena badai petir. Westfalenstadion juga mengalami hujan lebat selama pertandingan Grup F antara Turki dan Georgia pada 18 Juni, di mana air terlihat jatuh deras dari celah di atap stadion Borussia Dortmund tersebut.

Ahli meteorologi Dominik Jung mengatakan kepada BILD pada Jumat, 28 Juni, "Dari Sabtu malam hingga Minggu malam, ada risiko badai petir parah dari barat daya dan barat hingga tengah Jerman. Ini bisa membawa hujan sangat lebat, dengan jumlah antara 40 hingga 80 liter per meter persegi dalam beberapa jam."

"Hujan es besar dengan diameter sekitar 3 cm juga diperkirakan, demikian juga angin badai atau angin topan dengan kecepatan antara 100 hingga 140 km/jam. Tornado juga tidak bisa dikesampingkan," jelasnya.  Badai ini diperkirakan tidak akan menyentuh Berlin sama sekali. Bahkan, langit cerah diprediksi untuk pertandingan pembukaan babak 16 besar.

Suporter Jerman dan Denmark yang pergi ke Westfalenstadion kemungkinan akan sangat basah akhir pekan ini. Meskipun hanya satu pertandingan yang kemungkinan akan terkena badai parah, penggemar dan tim yang berbasis di sekitar Dortmund, Cologne, Bonn, Paderborn, dan Hannover pada Sabtu malam kemungkinan akan sangat basah.

Pertandingan Inggris melawan Slovakia pada hari Minggu malam diperkirakan hanya akan mengalami hujan ringan, sementara pertandingan Spanyol melawan Georgia di Cologne kemungkinan akan tetap kering meskipun cuaca mendung.