Bagikan:

 

JAKARTA- Kapten timnas Belanda, Virgil van Dijk, memperingatkan timnya bahwa mereka harus melakukan perbaikan besar jika tidak ingin tersingkir dari Piala Eropa di Jerman, lebih dini. Van Dijk juga mengakui bahwa mereka mungkin telah melebih-lebihkan kemampuan mereka sendiri.

Tim Belanda menerima banyak kritik setelah kalah 3-2 dari Austria di Berlin pada Selasa, 25 Juni yang membuat mereka berada di posisi ketiga Grup D. Namun, mereka berhasil lolos ke babak 16 besar sebagai salah satu tim peringkat ketiga terbaik.

"Saya sepenuhnya mengerti kritik tersebut," kata Van Dijk dalam konferensi pers pada Jumat, 28 Juni. "Saya tidak bodoh, saya juga tahu bahwa saya bisa bermain lebih baik dan seharusnya memang begitu, dan itulah yang sedang saya usahakan. Saya tidak bermain baik melawan Austria. Itu memengaruhi saya, saya juga berpikir bahwa segalanya bisa dan seharusnya lebih baik. Seluruh tim tidak bermain maksimal, tapi saya melihat diri saya dulu. Saya bisa memberikan lebih banyak."

Selama beberapa hari terakhir, tim Belanda melakukan introspeksi yang mendalam. Mereka diberi hari libur pada Kamis 27 Juni tetapi kembali berlatih pada Jumat untuk mempersiapkan pertandingan berikutnya melawan Rumania di Munchen pada Selasa, 2 Juli.

"Mungkin kami melebih-lebihkan diri kami sendiri," ujar Van Dijk. "Banyak yang harus dibicarakan dan kami harus menganalisis banyak hal. Segalanya berjalan sangat buruk melawan Austria. Itu sangat buruk. Kami telah membicarakan banyak aspek, sekarang kami harus menunjukkan perubahan tersebut."

"Itu bukan masalah taktik. Ini terutama tentang keinginan untuk menang, untuk memenangkan bola kedua. Anda tidak perlu membicarakan hal itu dengan pelatih, para pemain harus melakukannya di antara mereka sendiri. Jadi, kami telah membicarakan hal itu... dan dengan kata-kata yang tegas," tambah bek Liverpool itu.

Namun, Van Dijk mengatakan tidak perlu panik setelah satu penampilan buruk. "Itu lebih merupakan pembuka mata, tetapi jika kami terus dengan cara yang sama, kami tidak akan punya urusan lebih lanjut di sini," kata Van Dijk. "Ini harus berubah dengan cepat, kalau tidak kami akan duduk di rumah memikirkan apa yang bisa terjadi. Kami tidak ingin itu terjadi."

Tim Belanda bisa saja bertemu dengan Inggris di babak 16 besar jika hasil pada hari terakhir pertandingan grup pada Rabu berbeda, dan mungkin beruntung mendapat kesempatan melawan Rumania. Namun, Van Dijk menegaskan bahwa mereka tidak akan meremehkan lawan berikutnya.

"Kami rendah hati dan tidak melihat lebih jauh dari pertandingan berikutnya. Kami tidak akan meremehkan siapa pun, kami harus fokus penuh pada tugas yang ada di  Selasa," tambahnya.