Bagikan:

JAKARATA- Austria berhasil meraih kemenangan penting atas Polandia dengan skor 3-1 dalam pertandingan Grup D EURO 2024. Kemenangan ini menghidupkan kembali kampanye Austria dan memberikan mereka harapan besar untuk melaju ke babak berikutnya. Terlebih jika mereka mampu menang atas Belanda di partai grup terakhir. 

Christoph Baumgartner dan Marko Arnautović menjadi pahlawan bagi Austria dengan masing-masing mencetak gol. Baumgartner, yang dinobatkan sebagai Pemain Terbaik (Man of the Match), menyatakan kegembiraannya atas dukungan luar biasa dari para penggemar.

"Kami memulai dengan baik, menciptakan banyak tekanan tetapi kemudian kami membiarkan momentum hilang. Di babak kedua kami tahu kami harus tampil dan salah satu hal yang kami tahu bagaimana melakukannya adalah merespon dalam situasi seperti itu – itulah mengapa kami mendapatkan hasil positif," ujar Baumgartner, dikutip dari laman uefa.com.

"Para penggemar luar biasa. Saya telah bermain di pertandingan Bundesliga di sini, tetapi ini adalah level yang berbeda malam ini. Penggemar Austria luar biasa, kami melihat video sebelum pertandingan, bagaimana mereka sangat bersemangat, berjalan melalui kota. Saya berharap mereka akan terus seperti ini. Kami akan terus berjuang. Kami akan memberikan segalanya dan saya berharap kami bisa memiliki lebih banyak pertandingan," ujarnya.

Arnautović, pun senada. "Ini adalah kemenangan yang sangat penting bagi kami, kami semua sangat bahagia karena kami menginvestasikan banyak usaha dalam pertandingan ini. Kami pantas menang pada akhirnya. Performa kami melawan Prancis tidak buruk, tetapi hari ini kami ingin lebih langsung maju dan ingin melampaui batas kami. Ketika itu terjadi, kami adalah tim yang sangat baik dan membuktikannya hari ini," kata Arnautović.

Di pihak Polandia, ada rasa frustrasi yang jelas. Piotr Zieliński, gelandang Polandia, mengakui kesalahan timnya. "Kami "tidur" selama 15 menit pertama. Kami berjalan, bukan berlari. Kami tidak mengganggu lawan kami. Karena itu, kami kebobolan gol dan itu membangunkan kami. Kami mulai mengambil kendali lebih banyak dan pada awal babak kedua kami terlihat bagus, tetapi kemudian semuanya runtuh. Kami gagal," ujarnya.

Striker Polandia, Krzysztof Piątek, juga mengungkapkan kekecewaannya. "Sulit untuk mengatakan tepat setelah pertandingan apa yang sebenarnya terjadi. Kami kalah dalam pertandingan yang tidak ingin kami kalah. Kami memiliki momen baik dan buruk, tetapi pada akhirnya Austria mendapatkan semua tiga poin. Austria bermain sangat baik dengan bola, mereka mengejutkan kami di awal dengan agresi dan tekanan mereka. Kemudian kami bermain lebih baik, dan juga memulai babak kedua lebih baik, tetapi itu tidak cukup," kata Piatek.

Pelatih Austria, Ralf Rangnick, merasa puas dengan penampilan timnya meski mengakui ada penurunan performa di babak pertama. "20 menit pertama mungkin sempurna bagi kami. Kami seharusnya memimpin lebih dari 1-0, dan kemudian kami kehilangan arah dan mulai kehilangan bola. Itulah mengapa kami harus membuat beberapa perubahan di babak kedua, dan begitu kami melakukannya, kami mengambil kendali penuh," tutur Rangnick.

Pelatih Polandia, Michał Probierz, mengakui tantangan yang dihadapi timnya. "15 menit pertama tidak berjalan sesuai rencana. Kami tidak menangani permainan agresif Austria dengan baik dan terus kehilangan bola. Kami tidak memiliki kualitas yang cukup pada akhirnya. Kami semua menang dan kalah bersama. Kami mungkin bisa bermain lebih agresif melawan Prancis dan ini adalah kesempatan untuk tumbuh," ujar Probierz.

Lawan Belanda

Austria kini mempersiapkan diri untuk pertandingan terakhir mereka di fase grup melawan Belanda. Marcel Sabitzer, gelandang Austria, berbicara tentang persiapan mereka.

"Kami ingin menang [dalam pertandingan terakhir grup melawan Belanda]. Kami bermain melawan lawan yang kuat, kami tahu itu. Mereka suka bermain dari belakang jadi kami perlu menekan, menekan tinggi, menekan dengan intens. Jika kami melakukan itu dan mewujudkannya di lapangan, kami sangat kuat dan saya yakin kami bisa melakukannya," ungkap Sabitzer.

Dengan kemenangan ini, Austria menunjukkan bahwa mereka adalah tim yang harus diperhitungkan dalam turnamen ini. Dukungan dari penggemar dan performa solid dari para pemain memberikan mereka dorongan besar untuk menghadapi tantangan selanjutnya.