Bagikan:

JAKARTA – Tunggal putra Jonatan Christie tidak menutupi salah satu keinginan terbesar dalam kariernya. Impian tersebut adalah menjuarai turnamen Indonesia Open.

Kesempatan untuk mewujudkan hasrat tersebut terbuka bagi Jonatan tahun ini ketika ajang itu dihelat mulai Selasa, 4 Juni 2024, sampai Minggu, 9 Juni 2024.

"Ini salah satu pertandingan terbesar di level individu. Terlebih lagi ini di rumah sendiri. Saya sebagai atlet pasti punya impian dan harapan jadi juara di sini," ujar Jonatan.

Jonatan yang saat ini sebagai nomor satu di Indonesia, sudah merasakan berbagai gelar bergengsi mulai dari Super 500, Super 750, dan terakhir Super 1000 di All England 2024.

Sebagai seorang atlet papan atas, prestasi-prestasi tersebut sebenarnya sudah nyaris sempurna. Namun, Indonesia Open yang dihelat di kandang memiliki arti penting bagi atlet seperti Jonatan.

Jonatan mengatakan bahwa agar bisa naik di podium pertama Indonesia Open tentu tidak mudah. Namun, ia berharap persiapan yang dia lakukan bisa berjalan sesuai rencana.

"Persiapan sejauh ini oke. Kemarin sempat cek kondisi dan situasi di lapangan. Ada yang menjadi catatan dan akan didiskusikan dengan pelatih," ujar dia.

Nomor tunggal putra Indonesia sudah cukup lama tidak menjuarai Indonesia Open. Tunggal putra terakhir kali yang naik ke podium pertama ialah Simon Santoso pada edisi 2012.

Adapun secara keseluruhan, Indonesia dalam dua edisi terakhir nirgelar. Terakhir kali wakil Merah-Putih bisa keluar sebagai juara Indonesia Open ialah Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo pada 2021.

Pada Indonesia Open 2024, Indonesia punya sebanyak 18 wakil. Detailnya, tiga tunggal putra, tiga tunggal putri, lima ganda putra, tiga ganda putri, dan empat ganda campuran.