Bagikan:

JAKARTA – Pertandingan uji coba antara tim nasional Indonesia melawan Tanzania tidak termasuk dalam perhitungan poin induk sepak bola internasional FIFA.

Indonesia dijadwalkan menjalani pertandingan tersebut di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, pada Minggu, 2 Juni besok. Kick off atau sepak mula laga berlangsung pada pukul 17.00 WIB.

Pelatih timnas Indonesia Shin Tae Yong membantah kabar yang sebelumnya menyebut bahwa hasil laga tersebut masuk hitungan poin FIFA yang otomatis memiliki pengaruh ke ranking Indonesia.

“Ihwal poin FIFA bisa saja wartawan salah sangka atau tidak tahu,” ujar STY dalam konferensi pers prapertandingan di Hotel Sultan, Senayan, Jakarta, Sabtu, 1 Juni siang WIB.

“Kami sudah sepakat dengan Tanzania bahwa sekalipun ini pertandingan Tier 1, tetapi kami akan melakukan pergantian enam pemain atau lebih. Jadi ini masuknya bukan pertandingan resmi, tetapi friendly match atau training match. Jadi, poin tidak ada untuk laga besok,” imbuh dia.

Pertandingan melawan Tanzania digunakan sebagai persiapan Indonesia untuk melakoni dua pertandingan tersisa Grup F dari Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Dua pertandingan dimaksud adalah melawan Irak pada 6 Juni dan Filipina pada 11 Juni. Kedua laga itu akan berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

Kapten tim nasional Indonesia Asnawi Mangkualam mengatakan bahwa laga melawan Tanzania sangat penting sebagai persiapan untuk menyambut kedua laga krusial tersebut.

“Pertandingan besok tentunya sangat penting sekali buat kami untuk mematangkan persiapan ke kualifikasi nanti. Tentunya di tanggal 6 dan 11 itu pertandingan penting buat kami untuk bisa melangkah ke putaran berikutnya. Memang ada beberapa pemain belum datang, tapi yang sudah bergabung dari kemarin memiliki persiapan yang bagus dan dalam kondisi yang baik. Semoga besok bisa memberikan terbaik,” ujar Asnawi.

Indonesia saat ini duduk di posisi kedua klasemen Grup F dengan koleksi tujuh poin. Pasukan Garuda cuma membutuhkan satu kemenangan lagi untuk mencapai putaran ketiga.