Bagikan:

JAKARTA - Pelatih sementara Madura United, Rachmat Basuki, mengakui penguasaan bola tak menjamin hasil akhir. Setelah kalah 0-3 dari Persib Bandung, ia pun mengakui banyak pelajaran.

Madura United dapat jadwal tandang lebih dulu di leg pertama final Championship Series Liga 1 2023/2024. Bertamu ke Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, pada Minggu, 26 Mei 2024, malam WIB, tim tamu kalah 0-3.

Pada laga itu, Madura United sejatinya mendominasi penguasaan bola dan mampu mengatur tempo permainan. Namun, sepanjang babak pertama tak ada satu pun gol bisa dicetak Malik Rasidi dan kolega.

Begitu juga di awal babak kedua, alih-alih bisa memecah kebuntuan berkat penguasaan bola, nyatanya Madura United malah kebobolan tiga gol di paruh kedua.

Usai pertandingan, Rachmat Basuki menyadari bila penguasaan bola yang jadi ciri khas tim justru tak bisa dilakukan optimal. Hal itu terbukti dari minimnya tembakan ke arah gawang Kevin Ray Mendoza.

"Tentunya ini bukan hasil yang kami inginkan. Namun, pemain sudah berusaha dengan sangat baik. Kami mendominasi permainan di babak pertama, walau sayangnya kami kehilangan momentum," tutur Rachmat Basuki dalam konferensi pers seusai laga pada Minggu, 26 Mei 2024, malan WIB.

"Penguasaan bola yang baik, itu yang kami andalkan dalam permainan kami. Cuma kali ini, penguasaan itu hanya berhenti di area tengah saja. Jadi, saya pikir kami kurang tajam ke depan," ujar sang caretaker lagi.

Selepas laga tersebut, Rachmat Basuki mengakui bahwa laga kontra Persib Bandung memberikan banyak pelajaran untuk timnya. Ia juga menyebut bahwa sistem permainan yang diusung Bojan Hodak begitu efektif untuk membuat timnya kerepotan.

"Intinya, Persib bisa keluar dari tekanan di babak kedua. Mereka melakukan sepak bola yang sangat efektif dan kami gagal mengantisipasinya. Jadi, ya, harus mengakui malam ini Persib memang bermain sangat baik," katanya.

Madura United akan menjadi tuan rumah pada laga leg kedua final Championship Series Liga 1 2023/2024 di Stadion Gelora Bangkalan pada Jumat, 31 Mei 2024.