Bagikan:

JAKARTA - Keputusan besar diambil Aleix Espargaro soal karirnya. Pembalap Gresini Racing itu telah memutuskan untuk pensiun seiring tuntasnya MotoGP musim 2024.

Meski telah memutuskan pensiun, Espargaro masih akan tetap tampil di seri terdekat MotoGP 2024 yaitu di Sirkuit Catalunya pada Minggu, 26 Mei mendatang.

Kakak kandung Pol Espargaro ini memutuskan pensiun setelah mengarungi karir profesionalnya di atas lintasan sejak tahun 2009. Setelah 13 musim tampil di MotoGP, Espargaro juga menjadi pembalap tertua di seri musim ini dengan usianya yang kini menginjak 34 tahun.

Sepanjang karirnya Espargaro sendiri baru tiga kali meraih kemenangan. momen itu terjadi saat MotoGP Argentina, Silverstone, dan Barcelona. Ia menyadari bahwa perjalanannya tak terlalu gemilang, tapi pembalap asal Spanyol ini menyebut bahwa ia begitu melakukan semuanya dengan tulus dan kerja keras.

“Ada banyak pembalap di dunia, di sini hari ini, yang meraih kemenangan lebih banyak dari saya. Tetapi saya memberikan segala yang saya punya. Saya bekerja sangat keras,” buka Aleix Espargaro dikutip dari Crash pada Jumat, 24 Mei.

“Seringkali, saya merasa tidak memiliki talenta seperti pembalap lain. Namun dengan kerja keras saya mencapai level tinggi. Dua atau tiga musim terakhir begitu menakjubkan. Saya seperti bermimpi. Saya ingin pensiun sebagai pembalap dengan perasaan yang bagus,” katanya melanjutkan pengumuman pensiunnya.

Dalam keputusan haru untuk gantung helm itu, Espargaro masih sempat berkelakar. Ia bahkan berharap para pembalap bisa membiarkannya menang di MotoGP Catalunya sebagai hadiah.

“Ini bukan minggu yang mudah. Saya merasa seperti melompat ke ruang yang sangat aneh, tetapi saya bahagia. Semoga pembalap lain, sebagai hadiah, bisa mengizinkan saya menang akhir pekan ini,” katanya.