Bagikan:

JAKARTA – Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) memanfaatkan AVC Challenge Cup for Women 2024 untuk membina pemain muda guna regenerasi.

Induk bola voli nasional tersebut sudah memberangkatkan sebanyak 11 pemain belia ke ajang yang berlangsung di Filipina dari 22-29 Mei 2024 tersebut.

Ketua Umum PBVSI, Imam Sudjarwo, mengatakan ihwal target dari ajang ini ialah memberikan bekal pengalaman kepada pemain-pemain belia agar bisa melanjutkan estafet pemain senior.

"Jadi, yang pertama kami mengutamakan pelatihan. Kami ingin ada lapis kedua yang nanti bisa menggantikan seniornya," kata Imam.

Pada pengumuman awal oleh PBVSI, skuad yang hendak diangkatkan ke ajang itu adalah barisan pemain-pemain senior Timnas Voli Indonesia.

Saat itu total ada 14 nama, termasuk Megawati Hangestri Pertiwi, Wilda Siti Nurfadila, Shella Bernadeth Onnan, dan Agustin Wulandhari.

Akan tetapi, dalam daftar teraktual justru yang dikirim hanya 11 nama. Dua nama dari daftar sebelumnya bertahan, sedangkan sembilan lainnya nama-nama baru dari pemain muda.

Keterlambatan informasi dari AVC menjadi salah satu pemicu perubahan daftar pemain itu. Selain itu, kompetisi Proliga 2024 yang sedang berlangsung membuat klub-klub keberatan melepas pemain mereka.

Imam menjelaskan bahwa terlepas dari permasalahan itu, pemain muda memang perlu diberikan panggung agar ke depan prestasi Indonesia lebih baik.

"Ini dalam rangka usaha meningkatkan prestasi kami dengan mengganti yang senior. Kami mencari yang baik dari potensi muda-muda ini. Itu adalah rangkaian pelatihan dari PBVSI," katanya.

Skuad binaan Pedro Lilipaly berangkat ke Filipina dalam dua tahap. Tahap pertama berangkat pada Senin, 20 Mei 2024, sementara tahap kedua pada Selasa, 21 Mei 2024.

Timnas Voli Indonesia akan memulai perjuangan dari Grup B bersama Vietnam, Singapura, Kazakstan, dan Hong Kong. Tahun lalu, Tim Merah-Putih menjadi runner-up di AVC Challenge Cup.