Bagikan:

JAKARTA - Alfeandra Dewangga langsung bergabung latihan kedua Indonesia U-23 pada Selasa, 7 Mei 2024, begitu tiba di Perancis.

Dewangga merupakan pemain tambahan yang dipanggil Shin Tae-yong untuk menghadapi Guinea U-23 pada laga playoff antarkonfederasi.

Kedatangan bek 22 tahun tentu membantu Shin Tae-yong untuk menambal lubang yang ditinggalkan Rizky Ridho.

Soalnya, sang kapten dipastikan absen melawan Guinea U-23 karena menjalani hukuman kartu merah yang ia dapat ketika menghadapi Uzbekistan U-23 di semifinal Piala Asia U-23 2024.

Alfeandra Dewangga tiba di Perancis pada 7 Mei 2024 pukul 08.30 waktu setempat. Dia langsung bergabung dengan rekan-rekannya dalam latihan siang.

"Perjalanan pastinya lelah banget. Apalagi saya menempuh perjalanan langsung dari Semarang menuju Jakarta, lalu transit di Singapura, baru ke Paris. Sampai sekitar 08.30, baru langsung ke tempat latihan," kata Dewangga.

"Meski masih merasakan jetlag, saya berusaha untuk beradaptasi dengan cepat, baik itu terkait materi latihan maupun kondisi cuaca di Paris yang cukup dingin."

"Saya lihat teman-teman juga dalam kondisi bagus. Chemistry di antara kami sangat baik. Jadi, saya yakin bisa meraih kemenangan atas Guinea U-23," tutur Dewangga lagi.

Pemain PSIS Semarang itu mengapungkan keyakinan Indonesia U-23 bisa mengalahkan Guinea U-23 dan lolos ke Olimpiade Paris 2024.

"Kalau misi saya sendiri, baik dimainkan atau tidak, yang penting Indonesia U-23 bisa lolos Olimpiade. Itu saja," katanya.

Meski hanya punya waktu dua hari untuk persiapan sekaligus adaptasi, Dewangga yakin tidak akan mengalami kendala.

Soalnya, dia sudah pernah bersama sebagian besar pemain di Indonesia U-23, terutama yang menjadi bagian dari SEA Games 2023.

"Ya, paling beberapa ada yang baru. Cuma enggak terlalu susah untuk adaptasi," ujar Dewangga.

Indonesia U-23 akan menghadapi Guinea U-23 dalam rangka perebutan tiket terakhir ke Olimpiade Paris 2024.

Laga playoff antarkonfederasi tersebut mempertemukan tim peringkat keempat Piala Asia U-23 2024 dan Piala Afrika U-23 2023.

Partai Indonesia U-23 vs Guinea U-23 akan dihelat di Centre National du Football de Clairefontaine, Perancis, pada Kamis, 9 Mei 2024, malam WIB.