Bagikan:

JAKARTA – Saul “Canelo” Alvarez membuktikan dirinya masih lebih kuat dibandingkan juniornya, Jaime Munguia. Pertarungan dua petinju Meksiko yang digelar di T-Mobile Arena, Las Vegas, Sabtu malam 4 Mei 2024 atau Minggu pagi 5 Mei di Indonesia, tersebut dimenangi Canelo dengan angka mutlak 12 ronde.

Tiga hakim yang menilai, semua memberikan kemenangan untuk Canelo. Tim Cheatham menilai 117-110, David Sutherland memberikan 116-111, dan Steve Weisfeld dengan 115-112. Semua untuk Canelo, sang bintang tinju Meksiko.

Tak hanya menang angka mutlak, Canelo juga memberikan pengalaman baru untuk Munguia. Sebuah uppercut kanan yang dilepaskan Canelo (33), telak mengenai dagu Munguia (27) dan menjatuhkannya di ronde 4. Itu adalah kali pertama Munguia merasakan knockdown.

“Saya sebenarnya bisa saja menghabisinya dengan KO, namun itu tidak saya lakukan. Saya sengaja mengulur-ulur waktu, tak lain untuk memastikan bahwa tidak ada kesalahan fatal yang saya lakukan di sepanjang ronde pertarungan,” kata Canelo dikutip Marca.

“Saya kagum pada semangatnya. Pukulan saya berkali-kali telak mengena, namun Jaime terus maju. Dia harus belajar lagi dan mendapatkan lebih banyak pengalaman,” kata Canelo lagi soal Munguia.

Soal rencana pertarungan berikutnya, Canelo mengatakan dirinya belum memikirkan. Dia hanya mengatakan ingin beristirahat terlebih dahulu, sebelum membahas soal pertarungan berikutnya.

Sebagai juara sejati kelas menengah super (75 kg), Canelo Alvarez kini mengukir rekor 61-2-2 (39 KO). Sementara Munguia menelan kekalahan pertama, yang membuat rekor bertarungnya tercoreng menjadi 43-1-0 (34 KO).