Hasil Liga 1 2023/2024: PSS Sleman Selamat dari Degradasi
PSS Sleman menang atas Persib (Instagram/@pssleman).

Bagikan:

JAKARTA – PSS Sleman sukses selamat dari zona degradasi setelah mengamankan tiga poin pada pertandingan terakhir Liga 1 2023/2024 melawan Persib Bandung.

Super Elang Jawa menutup kiprah mereka musim ini dengan kemenangan tipis 1-0 atas Maung Bandung di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Selasa, 30 April, 2024 petang WIB.

Gol tunggal tuan rumah, yang bermain dengan 10 pemain sejak menit ke-55, dicetak oleh Ajak Riak. Gol itu terjadi pada menit ke-90+1 melalui titik putih setelah Elvis Kamsoba dijatuhkan di kotak terlarang.

Mendapat tiga poin membuat PSS memastikan diri tetap berada di Liga 1 musim depan. Mereka menutup musim ini dengan koleksi 39 poin dan finis di urutan ke-13 klasemen.

Mereka selamat pada detik-detik akhir bersama Arema FC dan Persita Tangerang. Ketiga tim itu berturut-turut menghuni posisi tiga paling bawah pada zona aman.

Sementara itu, RANS Nusantara dipastikan akan turun level ke Liga 2 musim depan. Tim ini mengejar kemenangan agar bisa menjaga asa tetap bermain di Liga 1 musim depan, tetapi malah kalah melawan PSM Makassar 2-3 pada pekan pemungkas.

RANS menyusul Bhayangkara FC dan Persikabo 1973 yang sudah lebih dulu memastikan terlempar ke Liga 2.

Sementara itu, di posisi paling atas papan klasemen, ada empat tim yang memastikan diri ke Championship Series. Mereka ialah Borneo FC, Persib Bandung, Bali United, dan Madura United.

Borneo menyelesaikan musim ini sebagai tim juara Regular Series. Mereka nantinya akan bersua dengan Madura United dalam dua leg Championship Series. Adapun Bali United akan berhadapan dengan Persib Bandung.

Dua tim yang kalah dalam sistem dua leg itu akan bersua untuk merebut juara ketiga, sedangkan tim pemenang dipertemukan untuk merebut status juara Liga 1 2023/2024.