Bagikan:

JAKARTA – Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) meminta tim bulu tangkis Indonesia harus mempertajam kebersamaan di ajang Thomas & Uber 2024 untuk menyambut Olimpiade Paris 2024.

Indonesia mengirim tim dengan kekuatan penuh ke turnamen bulu tangkis beregu putra dan putri tertua di dunia itu. Kejuaraan itu akan digelar pada 27 April sampai 5 Mei 2024 di Chengdu, China.

Sekretaris Jenderal PBSI, Fadil Imran, mengatakan bahwa turnamen beregu ini perlu dimanfaatkan sebaik mungkin oleh atlet, terutama mereka yang sudah memastikan diri lolos ke Paris.

"Namun, jangan sampai juga kebersamaan itu menjadi beban. Momentum positif sejak All England (2024) harus terus dijaga apinya hingga Olimpiade Paris 2024," ujar dia.

Sebanyak tujuh atlet bulu tangkis yang dipastikan sudah lolos ke Olimpiade Paris 2024 pada pertengahan tahun ini ikut tampil dalam Thomas & Uber Cup 2024.

Mereka ialah Jonatan Christie, Anthony Sinisuka Ginting, Gregoria Mariska Tunjung, Fajar Alfian, Muhammad Rian Ardianto, Apriyani Rahayu, dan Siti Fadia Silva Ramadhanti.

"Intinya, dari hari ke hari, kita menabung modal untuk menghadapi Olimpiade (Paris 2024) dengan lebih baik lagi," kata Fadil, yang juga menjabat sebagai Ketua Tim Ad Hoc Olimpiade Paris 2024.

Atlet-atlet di atas yang sudah lolos Olimpiade saat ini masih mengejar unggulan di Paris nanti. Hasil yang didapat di Thomas & Uber Cup 2024 memiliki dampak untuk itu.

Bulu tangkis menjadi tulang punggung Indonesia untuk mendapat medali emas di Paris nanti. Ini adalah satu-satunya cabang olahraga dalam sejarah Olimpiade yang menyumbang emas buat Indonesia.