Manchester United Sudah Menyerah dalam Perebutan Tiket ke Liga Champions
Pemain Manchester United merayakan gol di sebuah pertandingan. (X/@ManUtd)

Bagikan:

JAKARTA - Manchester United memilih realistis dan menyerah dalam perburuan tiket ke Liga Champions musim depan. Manajer Erik ten Hag mengakui sulit mengejar Aston Villa yang saat ini menduduki peringkat keempat klasemen Liga Inggris 2023/2024.

MU hanya berusaha keras mengejar defisit poin. Meski demikian, Ten Hag sudah tidak lagi yakin dengan peluang Bruno Fernandes dan kolega bersaing dengan Villa dan Tottenham Hotspur.

Villa kehilangan poin setelah kalah telak 4-1 saat melawan Manchester City, Kamis, 4 April 2024, dini hari WIB. Namun, The Villans masih unggul 11 poin dari MU yang menduduki peringkat keenam. Sementara Tottenham yang bertengger di posisi kelima memiliki poin 57.

MU memang masih menyimpan dua pertandingan sehingga berpeluang memangkas jarak poin dengan Villa. Persoalannya, mereka melakoni dua laga berat melawan Chelsea dan kemudian menjamu Liverpool pada Minggu, 7 April 2024, malam WIB.

"Saya tahu ini bakal tidak mudah karena posisi kami tidak bagus. Kami ingin memenangkan setiap pertandingan. Itu adalah standar kami. Persoalannya kami menghadapi banyak problem. Lagi pula saya seorang yang realistis," ucap Ten Hag.

MU menghadapi problem cedera pemain yang tak kunjung selesai. Bek tengah Lisandro Martinez sudah absen sejak Agustus 2023 karena mengalami cedera metatarsal. Setelah beristirahat selama tiga bulan, dia baru bermain beberapa kali, tetapi sudah cedera lagi.

Selanjutnya, para pemain seperti Casemiro, Rasmus Hojlund, Christian Eriksen, dan Harry Maguire secara bergantian mengalami cedera sehingga harus menepi selama beberapa saat. Hal itu menjadikan Ten Hag jarang menurunkan tim secara utuh.

"Saat mengarungi kompetisi yang sangat kompetitif dengan tim yang seimbang, Anda butuh pemain yang bisa membuat tim konsisten. Bila konsisten maka tim bisa bermain seperti yang diharapkan," katanya lagi.

Ten Hag memang tidak lagi yakin seperti sebelumnya. Bahkan setelah kehilangan poin karena ditahan Brentford 1-1, dirinya masih optimistis dengan peluang MU.

Kini, dirinya bersikap realistis. Apalagi, skuat masih tak lengkap menyusul cedera yang diderita trio bek, Martinez, Luke Shaw, dan Victor Lindelof.

Dengan absennya mereka, Ten Hag mengandalkan Raphael Varane dan Maguire di jantung pertahanan saat menghadapi Chelsea.

Sementara Diogo Dalot menempati posisi bek kanan dan Aaron Wan-Bissaka menggantikan Shaw.

Dalot menempati posisi itu karena memiliki konektivitas dengan Alejandro Garnacho yang bermain di sayap kanan.

Sebaiknya Wan-Bissaka mampu meredam kecepatan Raheem Sterling yang bakal menjadi andalan Chelsea di sayap kanan.