Sempat Diragukan, Bellingham Bisa Tampil di Laga Real Madrid Lawan Athletic Bilbao
Gelandang Real Madrid Jude Bellingham saat memperkuat Inggris di laga uji coba. (X/@England)

Bagikan:

JAKARTA - Gelandang Real Madrid Jude Bellingham bisa tampil melawan Athletic Bilbao di pertandingan La Liga Spanyol. Bellingham diragukan kebugaraannya setelah memperkuat Inggris pada dua uji coba sebagai persiapan menuju Euro 2024.

Bellingham absen latihan bersama rekan tim di Madrid menjelang laga melawan tamunya Bilbao di Stadion Santiago Bernabeu, Senin, 1 April 2024 dini hari WIB.

Ini tidak terlepas dengan kondisi terakhir Bellingham yang bermain habis-habisan di laga melawan Brasil dan Belgia. Saat Inggris dikalahkan Brasil 1-0, dirinya bermain selama satu jam atau 67 menit.

Namun pemain berusia 20 ini tampil penuh saat menghadapi Belgia. Bahkan Bellingham mencetak gol yang menyelamatkan Inggris dari kekalahan. Gol dia di menit 90+5 mengubah skor menjadi 2-2 dan pertandingan pun berakhir imbang.

Manajer Inggris Gareth Southgate tetap memainkan Bellingham yang sesungguhnya baru pulih dari cedera. Dia hanya sekali bermain selama lima pertandingan di La Liga.

Bellingham absen di pertandingan melawan Rayo Vallecano dan Sevilla karena mengalami cedera. Eks pemain Borussia Dortmund ini kemudian tampil melawan Valencia yang berujung kartu merah untuk Bellingham.

Buntutnya, dia harus absen di pertandingan berikutnya saat Madrid menghadapi Celta Vigo dan Osasuna karena larangan bermain.

Bellingham menunjukkan ketajamannya dengan mencetak 20 gol dan membuat sembilan assists selama 31 penampilan bersama Los Merengues.

Usai melakoni pertandingan internasional dan kembali ke Madrid, Bellingham tidak langsung mengikuti latihan bersama tim.

Selain dirinya, dua gelandang Eduardo Camavinga dan Federico Valverde turut absen latihan. Mereka hanya memulihkan kebugaran di gym.

Camavinga mengalami cedera engkel saat memperkuat Perancis di laga uji coba melawan Cili. Sedangkan Valverde bermain penuh saat Uruguay kalah 2-1 lawan Pantai Gading d Lens.

Namun ketiganya sudah bergabung dalam latihan Madrid pada Jumat, 29 Maret 2024 lalu. Kembalinya mereka pun menepis kabar bila Bellingham dan dua rekannya bakal di laga krusial melawan Bilbao.

Terutama Camavinga yang diperkirakan bakal absen selama beberapa pekan. Bila kondisinya tak 100% fit meski sudah kembali berlatih, pelatih Carlo Ancelotti kemungkinan tidak menurunkan Camavinga.

Musim ini, Camavinga bermain 32 kali untuk Madrid. Dirinya membuat dua assists dan bermain selama 72 menit saat Madrid menang 4-2 atas Osasuna sebelum memasuki jeda kompetisi karena pertandingan internasional.

Madrid hanya kehilangan pemain depan VInicius Junior yang tidak bisa tampil karena akumulsi kartu. Tanpa dia, Ancelotti bisa memainkan Brahim Diaz atau Joselu bersama Bellingham dan Rodrygo.

Sedangkan kiper Thibaut Courtois sudah pasti absen. Dirinya yang baru pulih dari cedera harus kembali naik ke meja operasi karena cedera lagi saat menjalani latihan.

Kali ini, Courtois cedera lutut sehingga dirinya mengakhiri kompetisi lebh cepat. Bahkan dia terancam tak bisa memperkuat Belgia di Euro 2024.

Madrid yang saat ini bertengger di puncak klasemen La Liga tetap berupaya menjaga jarak poin dengan Barcelona yang menduduki peringkat dua.

Saat ini, Madrid memiliki poin 72 dan sudah unggul delapan poin dengan Barca. Persoalannya, kompetisi masih menyisakan delapan pertandingan lagi.

Madrid juga masih meladeni Barca dalam el clasico, April 2024. Ini yang menjadikan Los Blancos berusaha menjaga jarak poin dengan Barca.   

Usai menghadapi Bilbao, pasukan Ancelotti menjamu juara bertahan Manchester City di perempat final Liga Champions.