Polandia Hajar Estonia Lima Gol di Semifinal Play-off Kualifikasi Euro 2024
Polandia mengalahkan Estonia 5-1 di semifinal play-off Euro 2024. (X/@EURO2024)

Bagikan:

JAKARTA - Polandia tampil gemilang dengan menghajar Estonia 5-1 di pertandingan semifinal play-off Kualifikasi Euro 2024. Kemenangan dalam duel di Stadion Narodowy, Warszawa, Jumat, 22 Maret 2024 dini hari WIB, meloloskan Polandia ke final bertemu Wales.

Polandia masih terlalu kuat bagi Estonia. Apalagi Estonia kemudian harus bermain dengan 10 orang sejak menit 27.

Gara-garanya, bek Maksim Paskotsi mendapat kartu kuning kedua yang disusul kartu merah setelah melakukan pelanggaran keras terhadap Nicola Zalewski.

Saat kehilangan pemainnya, Estonia sudah tertinggal 1-0 setelah tim Polandia mencetak gol melalui Przemyslaw Frankowski di menit 22. Dirinya menyelesaikan umpan matang dari Jakub Piotrowski.

Setelah gol itu, Polandia justru mengalami kesulitan untuk memperbesar keunggulan. Estonia yang sudah kehilangan seorang pemain memilih untuk memperkuat sektor pertahanan. Skor satu gol untuk tuan rumah itu bertahan sampai akhir babak pertama.

Memasuki babak kedua, permainan ofensif Polandia sudah tidak bisa dibendung. Gelandang Piotr Zielinski berhasil memperbesar keunggulan Bialo-czerwoni (The White-Red) saat babak kedua baru berjalan lima menit. Pemain Napoli ini menyelesaikan umpan silang dari Zalewski.

Selanjutnya, Piotrowski memantapkan keunggulan Polandia. Gol yang tercipta di menit 70 ini langsung memupus harapan Estonia. Keunggulan 3-0 menjadikan Polandia sudah separuh jalan menuju final.

Apalagi, bek Estonia Karol Mets kemudian memberikan gol keempat bagi Portugal. Dirinya membuat gol bunuh diri di menit 73 yang mengubah skor menjadi 4-0.

Hanya berselang tiga menit, Sebastian Szymanski menutup pesta kemenangan Polandia. Selanjutnya, gelandang Estonia Martin Vetkal memperkecil kekalahan timnya di menit 78. Skor akhir 5-1 untuk Polandia.

Di final, Polandia bertemu Wales yang menghajar Finlandia 4-1. Kedua tim memperebutkan satu tiket ke putaran final Euro 2024.

Ada tiga tiket yang diperebutkan 12 tim. Mereka dibagi menjadi tiga laga semifinal. Tim yang lolos ke final kemudian bertarung memperebutkan masing-masng satu tiket ke Jerman.