Ketum PSSI Sambut Baik Liga 1 Musim Depan yang Diwakili Tim Seluruh Pulau: Liga Seluruh Indonesia
Erick Thohir, Ketua PSSI (Foto: Dok. PSSI)

Bagikan:

JAKARTA -  Kompetisi Liga 1 musim 2024/2025 bakal bergulir lebih menarik, sebab terdapat wakil dari setiap pulau di Indonesia. Momen ini pun disambut baik oleh Ketua Umum (Ketum) PSSI, Erick Thohir.

Sebelumnya dipastikan bahwa ada tiga tim dari Liga 2 yang berhasil promosi ke Liga 1, ketiga tim itu adalah PSBS Biak, Semen Padang, dan Maluku Utara (Malut) United.

Dengan kehadiran tiga tim ini, maka ada Semen Padang yang mewakili Pulau Sumatera,  Papua yang diwakili PSBS Biak dan Malut United yang akan mengembalikan kesebelasan asal Pulau Maluku ke kasta tertinggi sepak bola Indonesia.

“Selamat kepada tiga tim yang berhasil promosi. Dan ini menambah semarak liga karena tiga tim yang promosi mewakili wilayah di luar Jawa dengan wilayah pulau yang berbeda. Ini benar-benar liga Indonesia,” ujar Erick Thohir dikutip dari laman resmi PSSI, Minggu 10 Maret.

Erick menjelaskan bahwa selama ini Liga Indonesia sudah dihuni banyak wakil dari Pulau Jawa. Ini ditambah dua tim asal Kalimantan yakni Borneo dan Barito serta Bali United yang menjadi perwakilan Bali serta Nusa Tenggara. 

Selain itu sudah ada PSM Makassar yang mewakili pulau Sulawesi. Dengan hadirnya Semen Padang yang mewakili Sumatera, Malut United (pulau Maluku), dan PSBS Biak (Papua) seluruh pulau jadi terwakili.

“Seluruh perwakilan Indonesia sudah ada. Ini akan sangat menarik ditunggu kompetisinya. Plus ini tentu akan semakin maksimal mendorong pertumbuhan dan regenerasi pemain muda di setiap pulau,” ujar Erick. 

Promosinya ketiga tim dari Liga 2 sekaligus menepis isu yang menyebut musim depan hanya ada satu tim yang promosi dan degradasi. Erick menegaskan PSSI konsisten dan tegas pada sistem kompetisi. 

“Jadi tegas, musim depan akan ada tiga tim yang promosi dan degradasi,” ujarnya.

Terkait