Pembalap Jetski Fikri Rajab Raih Kemenangan dalam Kategori Endurance Heat Sesi 1 di Menpora Cup AIC
Menpora Cup Aquabike Indonesia Championship (AIC) yang diselenggarakan di Pelabuhan Mulia Raja Napitupulu, Balige, Kabupaten Toba, (foto: dok. antara )

Bagikan:

TOBA - Pembalap jetski berbakat, Fikri Rajab, berhasil meraih kemenangan gemilang dalam kategori Endurance Heat sesi 1 pada ajang Menpora Cup Aquabike Indonesia Championship (AIC). Pertandingan ini digelar di Pelabuhan Mulia Raja Napitupulu, Balige, Kabupaten Toba, Sumatera Utara, pada Sabtu 2 Maret.

Dengan usianya yang baru 28 tahun, Fikri Rajab mampu mengumpulkan 400 poin dalam sesi pertama balapan ketahanan ini yang berlangsung selama 45 menit. Ia berhasil menampilkan performa luar biasa dengan melewati 17 pembalap lain di lintasan dan mengumpulkan jumlah lap terbanyak.

Di posisi kedua, pembalap muda Muhammad Gibran Kartiko, 18 tahun, berhasil mengejar ketertinggalan dengan meraih 380 poin. Sementara itu, posisi ketiga ditempati oleh pejetski Makaio Wimylie dengan 368 poin.

Panitia telah menjadwalkan penyelenggaraan Endurance Heat sesi 2 dan 3 pada Minggu 3 Maret.

Direktur Olahraga Balap Air Ikatan Motor Indonesia (IMI), Randi Wibawa, mengungkapkan bahwa kejuaraan ini merupakan langkah awal untuk mendorong partisipasi atlet Indonesia dalam Kejuaraan Dunia Jetski 2024 seri Danau Toba.

"Rencana kami akan membuat empat seri. Yang pertama di Balige, Danau Toba, kedua di Samosir Danau Toba, ketiganya di Sulawesi Utara, dan keempatnya di Sulawesi Selatan," ujar Randi.

Lebih lanjut, Randi menjelaskan bahwa tiga pembalap terbaik yang berhasil mengumpulkan poin tertinggi, yakni posisi satu, dua, dan tiga, akan mendapatkan kesempatan untuk berkompetisi dalam World Championship yang juga akan digelar di Danau Toba pada November 2024.

Menpora Cup AIC merupakan ajang yang baru pertama kali digelar di Danau Toba dan diikuti oleh 18 pembalap. Kejuaraan ini merupakan side event dari penyelenggaraan F1 Powerboat Danau Toba 2024 dan diselenggarakan di tempat yang sama.

Kegiatan ini merupakan hasil kerjasama antara Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dan Ikatan Motor Indonesia (IMI) dengan tujuan meningkatkan prestasi olahraga jetski di Indonesia.