Romelu Lukaku Selamatkan Roma dari Kekalahan Lawan Feyenoord di Liga Europa
Gaya khas striker AS Roma Romelu Luaku saat merayakan gol di pertandingan Liga Europa melawan Feyenoord. (X/@OfficialASRoma).

Bagikan:

JAKARTA - AS Roma lolos dari kekalahan setelah bermain imbang 1-1 melawan Feyenoord di laga pertama babak play-off Liga Europa di Stadion de Kuip, Jumat, 16 Februari 2024 dini hari WIB. Striker Romelu Lukaku menyelamatkan Roma dari kekalahan.

Laga melawan Feyenoord menjadi debut pelatih Roma Daniele De Rossi di kompetisi Eropa. Dirinya pun bisa menurunkan skuat terbaik minus Tammy Abraham yang belum pulih dari cedera.

Sementara Feyenoord menjalani babak play-off setelah menduduki peringkat tiga di klasemen grup Liga Champions. Roma sendiri sejak awal bertarung di Liga Europa.

Tim yang saat itu ditangani Jose Mourinho berhasil finis sebagai runner up grup sehingga harus melalui babak play-off sebelum lolos ke 16 besar

Tampil full team menjadikan Roma lebih menguasai permainan. Bahkan tim Serie A Italia sudah nyaris unggul melalui Lorenzo Pellegrini di menit-menit awal pertandingan.

Namun peluang bagus Pellegrini digagalkan kiper Timon Wellenreuther yang meninggalkan gawang menyongsong bola.

Selanjutnya pemain depan Paulo Dybala gagal memanfaatkan peluang karena sudah lebih dulu dinyatakan offside. Lukaku kembali mendapat peluang mencetak gol. Hanya saja sundulnnya tepat ke arah Wellenreuther sehingga bisa digagalkan.

Feyenoord bukannya tanpa peluang. Tercatat Mats Wieffer dan Igor Paixao sempat mengancam gawang Giallorossi. Namun peluang mereka bisa digagalkan kiper Mile Svilar.

Sedangkan peluang terbaik Roma sesungguhnya diperoleh Leandro Paredes di menit 40. Hanya saja sepakannya yang keras masih bisa ditepis Wellenruther.

Kiper Jerman ini memang menunjukkan performa gemilang dan beberapa kali menggagalkan kesempatan emas pemain Roma.

Saat mendapat tekanan, Feyenoord justru berhasil unggul saat memasuki injury time babak pertama. Paixao sukses memecah kebuntuan.

Penyerang asal Brasil ini sukses menyambut umpan silang Quilindschy Hartman untuk menaklukkan Svilar. Skor menjadi 1-0 untuk Feyenoord saat babak pertama berakhir.

Di babak kedua, Roma meningkatkan serangan. Tidak hanya Lukaku dan Dybala yang kembali mengancam gawang tuan rumah. Sebelumnya, pemain depan Edoardo Bove juga masih gagal memanfaatkan peluang yang dimilikinya.

Setelah berkali-kali gagal, usaha Roma akhirnya membuahkan hasil. Lukaku berhasil menyamakan kedudukan setelah menyelesaikan umpan silang Spinazzola di menit 67.

Dirinya lolos dari pengawalan pemain belakang Feyenoord untuk melompat menyundul bola yang meluncur deras ke gawang. Ini merupakan gol ke-20 dari 17 penampilan pemain yang dipinjam dari Chelsea ini.

Skor berubah menjadi 1-1 dan bertahan sampai akhir laga. Kepastian siapa yang bakal lolos ke 16 besar akan ditentukan pda laga kedua yang digelar di kandang Roma di Stadion Olimpico, 22 Februari 2024.